Scattering5 Cara Menangani Serangan Panic Attack

5 Cara Menangani Serangan Panic Attack

Panic attack adalah gangguan kecemasan yang terjadi secara tiba-tiba dan mendadak.

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Panic attack adalah gangguan kecemasan yang terjadi secara tiba-tiba dan mendadak. Gejala-gejala yang muncul pada panic attack seperti detak jantung yang cepat, berkeringat, sesak napas, gemetar, merasa tidak nyata, dan ketakutan yang sangat besar.

Panic attack dapat terjadi secara sporadis atau dalam bentuk serangan berulang. Orang yang mengalami panic attack seringkali merasa takut atau cemas mengenai kemungkinan terjadinya serangan baru di masa depan. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara signifikan dan membatasi kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Gangguan Mental Histeria, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Fear Out of the Blue: What Happens During a Panic Attack?

Jika Anda mengalami panic attack, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasinya:

1. Bernapas secara perlahan dan dalam
Coba berbaring atau duduk dan bernapas secara perlahan dan dalam. Tarik napas melalui hidung dan hembuskan melalui mulut. Bernapas dalam dan lambat dapat membantu menenangkan sistem saraf dan memperlambat detak jantung.

2. Fokus pada sesuatu yang dapat membuat Anda tenang
Cobalah untuk fokus pada sesuatu yang dapat membantu Anda merasa tenang, seperti pemandangan yang indah, musik yang menenangkan, atau kenangan yang membahagiakan. Hal ini dapat membantu mengalihkan perhatian dari perasaan takut atau cemas.

3. Coba teknik relaksasi
Ada beberapa teknik relaksasi yang dapat membantu mengurangi gejala panic attack, seperti meditasi, yoga, atau progressive muscle relaxation. Cobalah teknik-teknik ini secara teratur untuk membantu mengurangi gejala panic attack.

4. Jangan terus menerus menghindari situasi yang memicu panic attack
Panic attack seringkali dipicu oleh situasi tertentu, seperti berada di tempat yang ramai atau berbicara di depan umum. Hindari untuk terus menerus menghindari situasi-situasi ini karena hal ini dapat memperparah gejala panic attack. Sebaliknya, cobalah untuk menghadapi situasi tersebut secara perlahan dan bertahap.

Baca Juga  Bahaya Love Bombing: Efek dan Cara Mengatasinya

5. Dapatkan dukungan
Panic attack dapat menjadi pengalaman yang menakutkan dan mengganggu, jadi penting untuk mendapatkan dukungan dari orang terdekat atau profesional kesehatan mental. Jangan takut untuk meminta bantuan dari teman atau keluarga Anda, atau mencari bantuan dari psikolog atau terapis kesehatan mental.

Jika Anda mengalami panic attack secara teratur, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau terapis kesehatan mental untuk mendapatkan bantuan yang lebih lanjut. Konsultasikan dengan dokter atau terapis untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest