Scattering8 Ciri-Ciri Kepribadian INFJ, Si Introvert yang Langka dan Unik

8 Ciri-Ciri Kepribadian INFJ, Si Introvert yang Langka dan Unik

INFJ adalah singkatan dari salah satu tipe kepribadian dalam model MBTI (Myers-Briggs Type Indicator).

Must read

Jakarta, Mambruks.com- INFJ adalah singkatan dari salah satu tipe kepribadian dalam model MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). INFJ merupakan kombinasi dari empat dimensi kepribadian yang meliputi:

1. Introversion (I): INFJ cenderung mendapatkan energi dari waktu yang dihabiskan sendirian dan memproses pemikiran mereka secara internal.

2. Intuition (N): INFJ memiliki kecenderungan untuk mengumpulkan informasi melalui intuisi dan pemikiran abstrak, serta memiliki ketajaman dalam melihat pola dan kemungkinan di luar data yang nyata.

3. Feeling (F): INFJ mengambil keputusan berdasarkan nilai-nilai dan perasaan pribadi mereka. Mereka cenderung peka terhadap perasaan orang lain dan memiliki keinginan kuat untuk membantu dan mengayomi orang lain.

4. Judging (J): INFJ cenderung menghargai kehidupan yang teratur dan terstruktur. Mereka suka membuat rencana dan jadwal, serta mengambil keputusan dengan cepat.

INFJ sering digambarkan sebagai “Konselor” atau “Pengacara”. Mereka memiliki kemampuan alami dalam memahami emosi dan kebutuhan orang lain, serta memahami situasi dari berbagai sudut pandang. Mereka cenderung mencari kedamaian, keadilan, dan kebenaran dalam hubungan dan masyarakat.

INFJ seringkali dianggap sebagai tipe kepribadian yang langka dan unik. Mereka sering menjadi pendengar yang baik, pekerja keras, dan memiliki visi yang mendalam tentang bagaimana dunia dapat menjadi tempat yang lebih baik. INFJ dapat menjadi pemimpin yang inspiratif dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang lain menuju tujuan yang positif.

Baca juga: 4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Hippocrates

INFJ adalah Kepribadian Terunik di Dunia, Ini Kelebihan dan Kekurangannya -  KitaLulus

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang umum terkait kepribadian INFJ:

1. Pendiam dan Penuh Kontemplasi: INFJ cenderung lebih introvert dan suka menghabiskan waktu sendirian. Mereka sering merenung, berpikir mendalam, dan memiliki kebutuhan untuk memahami dan mencari makna dalam pengalaman hidup.

Baca Juga  Pengumuman Libur Awal Puasa 2023: 23 Maret 2023 Cuti Bersama Nyepi

2. Empatis dan Peduli: INFJ memiliki kemampuan alami dalam memahami dan merasakan perasaan orang lain. Mereka cenderung sangat peduli terhadap kesejahteraan orang lain dan berusaha membantu orang lain dengan penuh empati.

3. Visi dan Intuisi yang Kuat: INFJ cenderung memiliki wawasan yang mendalam dan pandangan jauh ke depan. Mereka dapat melihat pola dan hubungan yang tidak terlihat oleh orang lain dan sering memiliki visi yang kuat terkait masa depan.

4. Idealis dan Penuh Nilai: INFJ memiliki standar yang tinggi dan memegang nilai-nilai yang kuat. Mereka cenderung berusaha untuk menciptakan perubahan positif dalam dunia dan memperjuangkan keadilan, kebenaran, dan kemanusiaan.

5. Sensitif terhadap Kritik: Meskipun INFJ sangat peka terhadap perasaan orang lain, mereka juga bisa sangat sensitif terhadap kritik terhadap diri mereka sendiri. Kritik dapat mempengaruhi mereka secara emosional dan membuat mereka merasa terluka.

6. Pendengar yang Baik: INFJ adalah pendengar yang baik dan cenderung memberikan perhatian penuh ketika orang lain berbicara. Mereka suka mendengarkan cerita orang lain dan memberikan dukungan emosional.

7. Kreatif dan Visioner: INFJ sering memiliki pemikiran kreatif dan imajinatif. Mereka dapat menghubungkan konsep-konsep yang berbeda dan menciptakan solusi yang inovatif dalam situasi yang kompleks.

8. Penyendiri Tapi Penuh Kepedulian: Meskipun INFJ cenderung lebih suka sendirian, mereka juga sangat peduli dengan orang lain dan sering berusaha untuk membantu dan melayani komunitas atau kelompok yang mereka anggap penting.

Penting untuk diingat bahwa ini hanya beberapa ciri umum yang dikaitkan dengan kepribadian INFJ. Setiap individu memiliki keunikan dan variasi dalam cara mereka mengekspresikan tipe kepribadian mereka.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest