SportstationGaji Wasit di Piala Dunia 2022 Rp4,6 Miliar, Ini Rinciannya

Gaji Wasit di Piala Dunia 2022 Rp4,6 Miliar, Ini Rinciannya

Wasit memainkan peran penting dalam mengawasi jalannya pertandingan sepak bola agar sesuai dengan aturan dan bebas dari kecurangan.

Must read

Qatar, Mambruks.com- Wasit memainkan peran penting dalam mengawasi jalannya pertandingan sepak bola. Sebagai sosok ‘penegak keadilan’ di lapangan, wasit bertugas untuk mengatur jalannya pertandingan agar sesuai dengan aturan dan bebas dari kecurangan.

Selain itu, wasit juga memiliki kewenangan untuk memutuskan apakah seorang pemain layak mendapatkan peringatan saat melakukan pelanggaran.

Dalam penyelenggaraan Piala Dunia, wasit-wasit yang terpilih untuk memimpin pertandingan adalah mereka yang terbaik dari konfederasi sepak bola. Salah satu pertimbangan FIFA dalam memilih wasit adalah berdasarkan pengalaman tertinggi.

Baca juga: 5 Pemain Piala Dunia 2022 dengan Gaya Rambut Paling Unik

Mengemban tanggung jawab di ajang sepak bola paling bergengsi sedunia adalah tugas yang berat. Maka dari itu, wasit Piala Dunia menerima gaji yang besar dari FIFA. Tahun ini, FIFA mengontrak 36 wasit utama, 69 asisten wasit, dan 24 wasit VAR.

Dilansir dari AS Sports, FIFA menggelontorkan lebih dari US$300 ribu atau sekitar Rp4,6 miliar (Rp15.588/US$) untuk menggaji wasit utama saja, belum termasuk asisten dan wasit VAR.

Pada babak penyisihan grup, wasit utama akan mendapatkan bayaran sebesar US$3000 atau sekitar Rp46 juta per pertandingan. Sementara itu pada fase gugur, bayaran mereka setiap pertandingannya akan meningkat jadi US$10 ribu atau sekitar Rp155 juta.

Bila seorang wasit sukses memimpin seluruh pertandingan termasuk final, mereka bisa memperoleh gaji hingga US$300 atau sekitar Rp4,6 miliar dari FIFA.

Baca juga: Suporter Timnas Maroko Bakal Invasi Stadion Al-Thumama

Selain itu, seorang asisten wasit Piala Dunia 2022 menerima gaji sebesar US$2500 atau sekitar Rp38,9 juta untuk babak penyisihan grup. Sementara itu, gaji untuk fase gugur adalah US$5000 atau sekitar Rp77,9 juta. Bila ditotal, FIFA mengeluarkan biaya hingga US$150 ribu atau sebesar Rp2,3 miliar untuk menggaji asisten wasit hingga babak final.

Baca Juga  Piala Dunia 2022: Jerman Imbang vs Spanyol, Persaingan Grup E Tetap Terbuka Lebar

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest