ScoopBawa Misi Perdamaian, Majelis Muslim Papua Akan Gelar Muktamar III

Bawa Misi Perdamaian, Majelis Muslim Papua Akan Gelar Muktamar III

Must read

Jayapura, Mambruks.com — Majelis Muslim Papua (MMP) bakal menggelar Muktamar III yang akan berlangsung selama 3 hari di Hotel Suni Abepura, Kota Jayapura yakni pada 9 -12 Maret 2023 mendatang.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memilih ketua dan pengurus MMP periode 2023-2028 ini akan dihadiri sebanyak 32 Kabupaten Kota

Ketua panitia Muktamar III Latifah Buswarimba Alhamid mengatakan, tujuannya tidak hanya melakukan konsolidasi secara internal namun juga turut melibatkan umat Islam untuk memahami berbagai permasalahan di tanah Papua.

“Konsolidasi tidak hanya kami secara internal tapi juga masyarakat pada umumnya umat Islam secara umum bisa terlibat mengambil peran memahami permasalahan di tanah Papua,” ujarnya  di Jayapura, Senin (6/3).

Lanjut Latifah Alhamid menjelaskan, dengan adanya Muktamar III, diharapkan agar umat Islam menjadi bagian yang signifikan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi.

“Agar Papua ini bisa menjadi tanah yang damai bagi setiap agama, bagi setiap orang yang berada diatasnya. Itu yang menjadi poin penting,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Sekertaris Steering Komite MMP, bahwa tujuan melakukan konsolidasi dan kepengurusan menjadi hal penting dalam Muktamar III.

“Tentunya, kami tidak ingin menutup mata tentang perkembangan yang terjadi di Papua,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Sekjen MMP, Suparto Iribaran mengatakan, banyak hal yang akan dibahas dalam kegiatan tersebut, salah satunya potensi ekonomi di Papua pengelolaan masih sangat tradisional sehingga akan fokus mendorong pendamping untuk perubahan ekonomi masyarakat.

“Pengelolaannya yang masih sangat tradisional dan hanya untuk kepentingan konsumtif untuk setiap keluarga. Kalau potensi-potensi itu bisa di kelola secara baik dengan bagaimana kita mampu melakukan pendampingan untuk perubahan ekonomi masyarakat itu perlu dijamin sesuatu yang bisa kita lakukan dari sisi organisasi,” tandasnya.

Baca Juga  Mendagri Akui Punya Hubungan Baik dengan Gubernur Papua yang Terjerat Kasus Korupsi

Dalam penyelenggaraan Muktamar III, Pihak panitia juga akan melibatkan para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest