HeadlinesSurvei Poltracking, Ganjar Pranowo Masih Unggul atas Anies dan Prabowo

Survei Poltracking, Ganjar Pranowo Masih Unggul atas Anies dan Prabowo

Must read

Jakarta, Mambruks.com-Survei Poltracking Indonesia menempatkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) terkuat di Pilpres 2024. Dari tiga kali simulasi, Gubenur Jawa Tengah itu masih unggul atas Anies Baswedan dan Prabowo Subianto dan sejumlah tokoh potensial lainnya.

Dalam simulasi dengan 20 nama capres misalnya, elektabilitas Ganjar Pranowo sebesar 28.3%, disusul Anies Baswedan (24.9%) dan Prabowo Subianto (23.1%).

Sedangkan, nama-nama lain memiliki jarak yang cukup jauh. Di posisi keempat dan seterusnya, ada Puan Maharani (2.6%), Ridwan Kamil (2.5%), Erick Thohir (1.5%), Khofifah Indar Parawansa (1.2%), Agus Harimurti Yudhoyono (1.1%), Sandiaga Uno (1.1%), dan nama lainnya di bawah 1%.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Masih Unggul, Anies Geser Prabowo

Demikian pula pada simulasi dengan lima nama capres, elektabilitas tiga calon sangat kompetitif meski Ganjar masih unggul.

Dalam simulasi lima kandidat capres, Poltracking Indonesia memilih figur yang memiliki peluang maju cukup besar, karena memiliki kekuatan elektabilitas dan atau pemegang boarding pass/pemilik tiket partai politik.

Hasilnya, Ganjar Pranowo (30.6%), diikuti oleh Anies Baswedan (27.2%) dan Prabowo Subianto (26.9%), serta Puan Maharani (3.4%) dan Airlangga Hartarto (1.5%).

“Tiga nama (Ganjar, Anies dan Prabowo) yang sejauh ini masuk dalam radar capres terkuat, cenderung kompetitif,” ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda, Kamis (22/12).

Baca Juga: Mengejutkan, Survei SMRC Ungkap PDIP Ternyata Mewakili Kalangan Kaya, Bukan Wong Cilik

Selanjutnya, dalam simulasi tiga nama capres terkuat, elektabilitas Ganjar, Anies dan gerakan juga masih kompetitif. Angka elektabilitas Ganjar Pranowo sebesar 32.5%, disusul Anies 29.1% dan Prabowo 27.8%.

Dari segi tren, Hanta Yuda mengatakan) elektabilitas tiga capres terkuat, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, cenderung mengalami kenaikan. Anies Baswedan mengalami kenaikan cukup signifikan, sedangkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto cenderung stabil dengan kenaikan tipis.

Baca Juga  Anies Baswedan Buka Sinyal Duet dengan AHY di Pilpres 2024

Survei Poltracking Indonesia digelar pada 21-27 November 2022. Survei menggunakan metode sampel multistage random sampling dengan melibatkan 1.220 responden dengan melakukan wawancara tatap muka langsung. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error sekira 2,9%.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest