ScatteringBakal Dilirik Recruiter, Ini Dia Soft Skill yang Musti Jobseeker Punya

Bakal Dilirik Recruiter, Ini Dia Soft Skill yang Musti Jobseeker Punya

Soft skill atau keterampilan lunak adalah kemampuan non-teknis yang sering kali diabaikan oleh para pencari kerja.

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Soft skill atau keterampilan lunak adalah kemampuan non-teknis yang sering kali diabaikan oleh para pencari kerja.

Terlepas dari keahlian teknis yang dimiliki, keterampilan lunak atau soft skill adalah sesuatu yang sangat dicari oleh para recruiter di industri apapun.

Tidak seperti kemampuan teknis yang dapat diukur dengan mudah, soft skill lebih sulit diidentifikasi. Soft skill dapat merujuk pada kemampuan interpersonal, kreativitas, pemecahan masalah, dan kepemimpinan. Para recruiter menemukan bahwa keterampilan lunak yang kuat adalah kunci untuk menjadi sukses di dunia kerja.

Baca juga: Cara Meningkatkan Decision Making Skill

Free Men Sitting on Sofa at the Office While Having a Conversation Stock Photo

Komunikasi

Salah satu jenis soft skill yang sangat dihargai oleh recruiter adalah kemampuan komunikasi yang efektif. Sebagian besar bidang kerja membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, baik dalam bentuk lisan maupun tertulis. Bagi karyawan yang dapat mengemukakan ide dan instruksi dengan jelas serta mengungkapkan diri dengan tepat, akan lebih disukai oleh recruiter.

Kreatif

Selain kemampuan komunikasi, rekruiter juga mencari karyawan yang memiliki kemampuan kreatif. Kreativitas penting bagi orang-orang yang diperlukan untuk mengembangkan ide baru, memecahkan masalah, dan menemukan cara baru untuk melakukan tugas. Para recruiter ingin melihat bukti bahwa karyawan dapat berpikir secara inovatif dan memikirkan solusi baru untuk masalah yang ada.

Mampu Beradaptasi dan Berkembang

Kemampuan untuk berkembang dan belajar juga sangat dihargai oleh recruiter. Dalam dunia kerja yang selalu berubah, para karyawan harus dapat beradaptasi, belajar, dan berkembang seiring dengan perubahan yang terjadi. Karyawan yang menunjukkan kemampuan untuk mempelajari keterampilan baru menunjukkan bahwa mereka memiliki kemauan untuk tumbuh dan berkembang di perusahaan.

Baca juga: Tips untuk Meningkatkan Leadership Skills

Baca Juga  Tips Bersihkan Kulkas Agar Tidak Bau

Free Man Wearing Brown Suit Jacket Stock Photo

Keterampilan Kepemimpinan

Selain itu, kepemimpinan juga menjadi kemampuan soft skill yang dicari oleh recruiter. Karyawan yang dapat memimpin tim dengan baik dan memotivasi anggota tim akan menjadi aset yang berharga bagi perusahaan. Para recruiter mencari orang yang dapat menunjukkan bahwa mereka dapat menginspirasi dan memimpin orang lain.

Keterampilan Interpersonal

Keterampilan interpersonal juga merupakan soft skill yang penting. Para recruiter ingin melihat bahwa karyawan dapat bekerja sama dengan orang lain, beralih dengan mudah antara tugas, dan membantu menghilangkan konflik yang timbul. Karyawan yang dapat membangun hubungan yang baik dengan sesama karyawan dan klien juga akan menunjukkan nilai yang besar bagi perusahaan yang mereka layani.

Dalam ringkasan, secara umum para recruiter mencari karyawan yang memiliki kemampuan komunikasi yang jelas, kreativitas, keterampilan belajar, kepemimpinan, dan keterampilan interpersonal yang kuat. Keterampilan lunak ini adalah tambahan yang baik untuk portofolio teknis yang dimiliki oleh seorang karyawan, dan dapat membantu membedakan diri dalam industri yang sangat kompetitif.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest