ScatteringMahfud MD Tak Setuju 'Bubarkan DPR': Lebih Baik Punya Meskipun Jelek

Mahfud MD Tak Setuju ‘Bubarkan DPR’: Lebih Baik Punya Meskipun Jelek

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan keberadaan parpol termasuk DPR sangat penting di negara demokrasi.

Must read

Yogyakarta, Mambruks.com- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan keberadaan parpol termasuk DPR sangat penting di negara demokrasi. Mahfud tak sependapat dengan banyaknya keinginan publik lewat media sosial soal pembubaran DPR.

“Banyak orang mengatakan sekarang di medsos bubarkan DPR, bubarkan partai politik. Saudara, itu adalah pilihan yang sangat jelek. Saya ingin tegaskan daripada tidak ada DPR, daripada tidak ada parpol lebih baik kita hidup bernegara ini mempunyai DPR dan mempunyai parpol meskipun jelek,” kata Mahfud saat menyampaikan ceramah di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Minggu (2/4) malam sebagaimana dikutip ANTARA.

Mahfud menjelaskan di berbagai negara yang menerapkan sistem monarki justru potensi kesewenang-wenangannya besar dan masyarakatnya tidak dapat mengontrol.

Baca juga: Natalius Pigai Dorong Proses Pidana Mahfud MD Pernah Bocorkan TPPU Lukas Enembe

Jokowi Perintahkan Jaga Iklim Investasi, Mahfud MD Pastikan Keamanan

Dia mencontohkan pada masa Khilafah Islamiah yang menerapkan sistem monarki, pelanggaran, dan kesewenang-wenangan terbukti banyak terjadi. Bahkan, pembunuhan terhadap para ulama juga tidak terelakkan hanya dipicu perbedaan pandangan politik dengan khalifah.

“Imam Hambali yang sampai sekarang kita ikuti ajaran fikihnya, dipenjara, dianiaya karena beda pendapat dengan khalifah, dan tidak ada yang berani mengontrol,” kata Mahfud.

Di negara demokrasi, lanjut Mahfud, sekalipun parpolnya jelek, sesuai dengan konstitusi dapat dijadikan instrumen untuk memperbaiki negara dan DPR juga harus ada untuk menyelesaikan masalah.

“Oleh sebab itu, jangan berpikir dalam situasi sekarang sudahlah berubah negara kita jangan menjadi demokrasi, enggak boleh, harus tetap demokrasi. Pilihannya partai dan DPR harus diperbaiki bersama-sama,” ujar Mahfud.

Baca Juga  Menarik, UMK Bogor 2023 Capai 4,5Jt

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest