Socio Cultural8 Tempat Wisata Alam di Merauke yang Menarik untuk Dikunjungi

8 Tempat Wisata Alam di Merauke yang Menarik untuk Dikunjungi

Must read

Merauke, Mambruks.com-Keindahan alam Papua potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata alam, tak terkecuali di Kabupaten Merauke. Keindahan yang ditawarkan oleh tempat terluar dari Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini tempat ini cukup menarik.

Selain itu, pengunjung juga dapat belajar sejarah yang terdapat di setiap tempatnya. Tempat-tempat yang dapat kamu kunjungi di sini juga cukup menarik, dari patung Yesus yang terdapat disebut pulau, hingga wisata pantai dan danau.

Berikut ini adalah 8 tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Merauke:

1. Pantai Lampu Satu

Pantai Lampu Satu merupakan pantai yang cukup unik karena pasir pantainya bercampur dengan lumpur dan air lautnyanya pun terkesan keruh. Pada saat surut, jarak air pantai dengan bibir pantainya akan menjadi sangat jauh, sehingga pengujung harus berjalan ratusan meter untuk sampai ke bibir air lautnya.

Walaupun begitu, pantai ini memiliki panorama sunset yang amat memesona dengan meninggalkan warna jingga di angkasa.

Pemandangan sore merupakan panorama yang banyak diburu oleh kaula mudanya, sehingga suasana pada sore hari akan terasa lebih ramai. Sayangnya fasilitas pendukung pantai ini belum terlalu lengkap sehingga pengunjung harus membawa bekal sendiri.

2. Taman Nasional Wasur

Taman Nasional Wasur memiliki beberapa spot yang dapat kamu kunjungi. Taman nasional ini terletak di tiga distrik, yaitu distrik Sota, Naunkenjarai, dan Merauke.

Taman Nasional Wasur merupakan rumah bagi vegetasi yang dibagi ke dalam 10 kelas hutan. Selain itu juga rumah bagi hewan-hewan endemik dan juga dilindungi, serta rumah bagi hewan besar seperti kanguru.

aman Nasional Wasur juga merupakan tempat persinggahan dari binatang yang melakukan migrasi. Tempatnya merupakan kawasan hutan sabana basah yang luas di seluruh Asia.

Baca Juga  Ekowisata Mangrove di Mimika Larang Bawa Mantan

Hal ini lah yang menjadikan taman nasional ini kaya akan keanekaragaman hayati dari flora maupun faunanya. Kamu dapat berkemah di taman nasional ini sambil mengamati flora dan fauna yang ada di sana.

3. Lotus Garden

Lotus Garden atau taman teratai merupakan tempat yang sangat pas untuk pengunjung yang sedang mencari tempat untuk menyepi dan menenangkan diri.

Tempatnya sangat nyaman digunakan sebagai tempat bersantai dengan beristirahat di gazebo yang terdapat disebuah kolam yang ditumbuhi dengan teratai. Tempatnya juga terasa asri dan juga sejuk karena dikelilingi oleh hutan.

Tempatnya cocok untuk jadi destinasi liburan bersama dengan keluarga karena pengunjung juga dapat mengajak si kecil untuk bermain di kolam yang terdapat dikawasan ini.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, pengelola juga menyediakan areal yang dapat digunakan sebagai tempat berkemah. Berswafoto di jembatan kayu yang ada di dalam hutannya adalah kegiatan lainnya di taman ini.

4. Pantai Payum

Pantai Payum masih dalam satu bentangan dengan Pantai Lampu satu. Karakter pantainya pun tidak jauh berbeda. Tempatnya yang hening sangat cocok untuk menyepi.

Jika ingin bermain air di pantainya pengunjung harus tahu kapan waktu pasang dan surut air lautnya. Pada saat air lautnya surut pantainya menjadi sangat luas dan bibir air lautnya menjadi sangat jauh untuk kamu tempuh.

5. Pulau Habe

Pulau Habe dikenal sebagai Rio de Janeiro-nya Indonesia. Hal ini dikarenakan pulau ini memiliki patung Yesus Kristus yang mrip dengan patung Yesus yang terdapat di Rio de Janeiro, Brasil.

Tetapi tak hanya patung itu saja yang menarik dari Pulau Habe, keindahan alam yang dimiliki pulau ini juga sangat memesona seperti pasir pantainya yang berwarna putih tanpa lumpur seperti pantai lainnya.

Baca Juga  412 Peserta KMAN VI Tiba Di Pelabuhan Jayapura

Keindahan pantai ini tentunya menggoda para pengunjung untuk melakukan kegiatan berenang, snorkeling atau diving.

Selain itu, hal unik dari pantai ini adalah adanya sumur yang memiliki air yang tawar sedangkan sekeliling pulaunya dikelilingi oleh laut. Nah, pengunjung juga dapat menjelajahi seluruh pulaunya karena ukuran pulaunya sendiri tidak terlalu besar.

6. Pantai Onggya

Pantai Onggaya merupakan panti yang telah dikelola secara resmi oleh pemerintah sehingga pengunjung yang berlibur kepantai ini akan mendapatkan fasilitas pendukung yang telah cukup lengkap.

Pantai Onggaya adalah pantai yang menghadap langsung dengan Laut Arafura sehingga ombaknya cukup besar dengan panorama hamparan laut yang sangat luas.

Tempatnya sangat cocok untuk para pemburu senja. Matahari terbenam di pantai ini menjadi satu momen yang juga banyak ditunggu oleh pengunjung.

Keindahan matahari terbenam di lautan memiliki pesona romantismenya sendiri yang membuat orang banyak mencarinya. Saat berkunjung ke pantai ini, jangan lupa untuk menikmati kuliner laut yang khas dari warga setempat.

7. Danau Rawa Biru

Danau Rawa Biru merupakan satu destinasi wisata yang terdapat dalam kawasan Taman Nasional Wasur. Danau ini merupakan sumber air bersih bagi masyarakat sekitar yang dijaga kelestariannya.

Danau ini memiliki air yang sangat jernih serta sangat dipengaruhi oleh musim. Pada saat musim penghujan tempat ini menjadi danau, sedang di musim kemarau akan berubah menjadi rawa.

Menikmati Danau Rawa Biru dapat kamu lakukan dengan menjelajahi danaunya dengan menggunakan perahu dengan tarif sekitar 300 ribu per perahu.

Selain itu kamu juga dapat memancing atau berswafoto di spot foto yang menarik yang telah disediakan. Fasilitas pendukung tempat ini juga terbilang cukup memadai, dari toilet, kantin, serta sebuah pendopo.

Baca Juga  Kunker ke DOB Papua, Komisi V DPR Tinjau Pembangunan Pelabuhan Laut Merauke

8. Wisata Alam 1000 Musamus

Wisata alam musamus berada di sebuh kampung yang bernama Salor. Di tempat ini terdapat musamus atau merupakan rumah dari koloni rayap yang bisa disebut bomi.

Musamus tampak seperti sebuah candi alam. Tempat ini memiliki banyak sekali musamus sehingga masyarakat setempat menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang unik.

Tempat ini telah ditata sehingga mengunjung dapat berkunjung tanpa merusak musamus yang ada di tempat. Pengelola menyediakan sebuah tempat untuk berswafoto serta tempat untuk beragam aktivitas lainnya.

Pembangunan sarana di tempat ini diharapkan dapat membantu perekonomian dari masyarakat yang dikelola oleh masyarakat setempat juga melalui Badan Usaha Milik Kampung.

Itulah beberapa tempat yang dapat kamu jelajahi saat berada di kabupaten Merauke. Tempatnya memiliki potensi sebagai tempat wisata yang mungkin belum terlalu dikenal dengan luas.

Keindahaan yang dihadirkannya juga tidak kalah dengan yang lain, seperti patung Yesus yang dapat kamu kunjungi tanpa harus kergi ke Brasil.

Pesona matahari tenggelam di pantainya pun menjadi incaran bagi kaula muda untuk menghabiskan sorenya disana. Sebagian tempatnya masih belum dikelola resmi sehingga terkadang jarang pengujung yang datang jadi tempatnya serasa milik pribadi.

Sumber: keluyuran.com

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest