HeadlinesMahfud Bantah Adanya Negosiasi Soal Papua dalam Upaya Pembebasan Pilot Susi Air

Mahfud Bantah Adanya Negosiasi Soal Papua dalam Upaya Pembebasan Pilot Susi Air

Must read

Jakarta, Mambruks.com-Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD membantah dengan tegas adanya negosiasi soal Papua dalam bingkai NKRI dalam upaya pembebasan pilot Susi Air Philip Mark Mertens yang sedang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di bawah pimpinan Egianus Kogoya di Paro, Nduga, Papua Pegunungan.

Menurut Mahfud, Papua berdasarkan konstitusi, hukum internasional dan kenyataan faktual adalah bagian NKRI.

“Berdasarkan konstitusi (NKRI) dan berdasar hukum internasional dan berdasar kenyataan faktual, (Papua) adalah bagian yang sah dari NKRI, oleh sebab itu tidak ada negosiasi soal itu gitu dan kami akan mempertahankan serta memberantas setiap gerakan yang ingin mengambil secuilpun dari NKRI,” ujar Mahfud di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/2).

Baca Juga: Pilot Susi Air Ditahan KKB Sampai Papua Merdeka

Mahfud mengatakan, saat ini pemerintah dan aparat keamanan sedang melakukan upaya persuasif untuk menyelamatkan sandera, Pilot Susi Air. Menurut dia, keselamatan sandera menjadi prioritas.

“Kita sedang melakukan persuasi, untuk bisa menyelematkan sandera. Keselamatan sandera adalah prioritas. Oleh sebab itu persuasi pendekatannya,” tandas Mahfud.

Baca Juga: TNI-Polri Berangkatkan 3 Heli Untuk Evakuasi Sandera KKB di Nduga

Meskipun demikian, Mahfud menuturkan, pihaknya tetap membuka peluang opsi lainnya, yakni melakukan tindakan.

“Kami tidak menutup opsi lain, kami persuasi agar bisa bebas dengan selamat damai, tanpa kisruh tanpa ribut tapi kami tidak menutup opsi lain untuk melakukan tindakan,” ungkap Mahfud.

Baca Juga  Jokowi Minta Panglima TNI Tegas ke KKB, Ini Langkah Yudo Margono ke Depan

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest