ScoopSurvei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Kokoh di Puncak, Anies Geser Prabowo

Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Kokoh di Puncak, Anies Geser Prabowo

Must read

Jakarta, Mambruks.com-Survei Charta Politika menyebutkan elektabilitas Ganjar Pranowo semakin kokoh di puncak teratas. Sebaliknya, dalam survei yang sama, posisi Prabowo Subianto digeser oleh Anies Baswedan di urutan kedua pasca eks Gubernur DKI Jakarta itu dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) 2024 oleh Partai Nasdem.

Dalam survei yang dilakukan pada 4-12 November 2022, elektabilitas Ganjar sebesar 32,6%, disusul Anies di 23,1% dan Prabowo 22% di urutan kedua dan ketiga.

“Jadi ada perubahan di peringkat kedua dan ketiga. Kalau bulan September masih dipegang Pak Prabowo dengan peringkat kedua, sekarang Prabowo di peringkat ketiga dengan (elektabilitas) 22%,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam pemaparan survei secara daring, Selasa (29/11).

Baca Juga: Survei Charta Politika: Anies Bawa Pengaruh Positif Tingkatkan Elektabilitas Partai Nasdem

Selanjutnya, Ridwan Kamil di posisi keempat dengan angka 5,6%, diikuti oleh Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY 3,5%, dan Sandiaga Uno 2,0%.

Adapun elektabilitas sejumlah tokoh masih di angka rata-rata 1% yakni Khofifah Indar Parawansa 1,6%, Puan Maharani 1,6 persen, Airlangga Hartarto 1,5% Erick Thohir 1,4 persen. Sementara, tidak tahu/tidak menjawab sebesar 5,0%.

Dari segi trend, menurut Yunarto, kenaikan stabil dialami Ganjar dari survei sebelumnya yang digelar pada September 2022. Sementara tren penurunan dialami Prabowo, dan kenaikan dialami Anies Baswedan.

“Jadi kalau kita melihat bulan September dan Oktober ada sekitar 2,5% (kenaikan elektabilitas Anies) dari efek atau pascadeklarasi yang dilakukan Partai Nasdem. Jadi cukup untuk menyalib Pak Prabowo walaupun selisihnya belum kita katakan absolut,” ungkap dia.

Baca Juga: Jusuf Kalla Buka Suara Soal King Maker untuk Anies Baswedan

Menurut Yunarto, tren penurunan juga dialami Ridwan Kamil dan Sandiga Uno. Sedangkan elektabilitas AHY mengalami kenaikan dalam survei terbaru ini. Dia menyebut, deklarasi Prabowo Subianto sebagai capres membuat elektabilitas kadernya, Sandiaga semakin menurun.

Baca Juga  Dewan Adat Papua Singgung Capres Orde Baru Militeristik : Orang Papua Sudah Trauma

“Juga terjadi penurunan dari Pak Ridwan Kamil meski di posisi keempat, ada kenaikan AHY. Ada penurunan drastis dan menjadi catatan buat Pak Sandiaga. Setelah deklarasi Pak Prabowo ada korelasi. Semakin kencang pemberitaan Pak prabowo, semakin berbanding terbalik dengan kenaikan elektabilitas Sandiaga Uno,” pungkasnya.

Survei Charta Politika dilakukan terhadap 1.220 responden yang dilakukan dengan wawancara tata muka dengan metode multistage random sample. Adapun margin of error sebesar 2,83%.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest