ScatteringApa Dampak Berpuasa Tanpa Sahur Bagi Tubuh?

Apa Dampak Berpuasa Tanpa Sahur Bagi Tubuh?

Sahur adalah waktu makan sebelum terbitnya fajar yang dilakukan oleh orang yang berpuasa.

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Dalam menjalankan puasa, ada beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain sahur. Sahur adalah waktu makan sebelum terbitnya fajar yang dilakukan oleh orang yang berpuasa.

Namun, ada beberapa orang yang memilih untuk tidak sahur sehingga mereka hanya berpuasa dengan perut kosong. Tidak sahur dapat memberikan dampak yang buruk bagi tubuh dan kesehatan manusia.

Baca juga: Apakah Sikat Gigi Saat Puasa Boleh dalam Islam?

Mudah Lelah

Free Girl in White Sweater Lying on Couch Stock Photo

Dampak pertama yang muncul dari tidak sahur adalah tubuh mudah lelah dan cepat merasa lapar. Dengan perut kosong, tubuh tidak memperoleh energi yang cukup untuk beraktivitas di pagi hari. Selain itu, kadar gula darah yang turun drastis juga dapat membuat tubuh mudah lelah dan lemah sehingga orang yang berpuasa akan cepat merasa kantuk dan kurang produktif.

Masalah Pencernaan

Free Photo Of Man Sleeping On Sofa Stock Photo

Ketika perut kosong, sekresi asam lambung dalam lambung juga menurun. Hal ini dapat membuat organ pencernaan sulit mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga dapat memperparah kondisi perut kosong. Masalah pencernaan dapat berdampak pada kesehatan yang buruk, seperti sakit maag dan masalah pencernaan lainnya.

Kekurangan Nutrisi

Free African American male with short dark hair in white hoodie leaning on hand and sleeping in light room Stock Photo

Dengan tidak sahur, orang yang berpuasa melewatkan waktu makan yang sangat penting. Saat sahur, kita dapat memasukkan banyak nutrisi penting seperti zat besi, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa sahur, tubuh tidak akan memperoleh nutrisi yang dibutuhkan selama berpuasa sehingga dapat menyebabkan kelemahan dan masalah kesehatan lainnya.

Dampak negatif ketika tidak sahur tidak hanya dirasakan pada hari itu. Namun, dampak buruk dari tidak sahur dapat berlanjut hingga hari-hari berikutnya. Kita dapat merasa lelah dan lesu sehingga bisa mempengaruhi kinerja kita di tempat kerja atau dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga  Mengenal Obsessive Love, Berbahaya dan Menimbulkan Banyak Masalah

Oleh karena itu, sahur sangat penting untuk dilakukan ketika berpuasa. Sahur membantu tubuh memperoleh energi, memperbaiki sistem pencernaan, dan memperoleh nutrisi yang dibutuhkan. Meskipun mungkin sulit untuk bangun di pagi hari untuk makan, mengatur waktu sahur dengan bahan makanan yang tepat dapat membantu kita menjalankan puasa dengan lebih mudah dan sehat. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih selama waktu buka puasa dan malam hari untuk menjaga kesehatan selama berpuasa.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest