ScatteringAplikasi IKD Berpotensi Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik

Aplikasi IKD Berpotensi Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik

Aplikasi IKD adalah inovasi yang dilakukan oleh Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri yang berupa digitalisasi dokumen kependudukan

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Aplikasi IKD adalah inovasi yang dilakukan oleh Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri yang berupa digitalisasi dokumen kependudukan yang bisa diakses dalam bentuk aplikasi sehingga bisa diakses secara online dan bisa diunduh sekaligus diakses melalui smartphone.

Pengertian Identitas Kependudukan sendiri dijelaskan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 72 tahun 2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blanko KTP-El, serta penyelenggaraan identitas kependudukan digital.

Dalam Permendagri dijelaskan bahwa identitas kependudukan digital adalah informasi elektronik yang dipakai untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memverifikasi identitas seseorang secara online, yang dapat mempermudah proses pelayanan publik dalam bidang kesehatan, pendidikan, perbankan, dan lain-lain.

Maka dari itu, dokumen digital yang tersedia dalam aplikasi tidak hanya berupa KTP-el dan Kartu Keluarga, namun terdapat dokumen lain yang bisa diakses secara mudah seperti kartu vaksin Covid-19, NPWP, informasi Kepemilikan Kendaraan, Informasi BKN (Badan Kepegawaian Nasional, BPJS, DTKS, serta Daftar Pemilih Tetap tahun 2024, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Aplikasi Belanja Sayur Online, Diantar Sampe ke Rumah

Digitalisasi Dokumen Penduduk, Dukcapil Pontianak Aktivasi IKD 1.906 NIK

Salah satu keuntungan utama dari aplikasi ini adalah mempermudah dan mempercepat proses verifikasi identitas dalam pelayanan publik. Dalam sistem pelayanan kesehatan, misalnya, pasien hanya perlu menunjukkan identitas digital melalui aplikasi untuk mendapatkan pelayanan medis, tanpa perlu membawa dokumen fisik seperti KTP. Sistem ini juga dapat dioptimalkan untuk proses administrasi perbankan, pendaftaran penerimaan, dan layanan publik lainnya.

Bagi masyarakat, aplikasi identitas kependudukan digital memberikan keuntungan tambahan dalam hal keamanan. Identitas digital yang dibuat berdasarkan data resmi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memungkinkan setiap data pribadi seseorang terlindungi secara khusus dan tidak mudah diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Baca Juga  Cara Memilih Buah Durian yang Bagus dan Manis

Secara keseluruhan, aplikasi identitas kependudukan digital memberikan solusi untuk berbagai tantangan yang dihadapi oleh pemerintah dalam pengelolaan data kependudukan. Dalam jangka panjang, aplikasi ini dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat dan berkontribusi positif pada peningkatan kualitas hidup.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest