HeadlinesGubernur Lukas Enembe Resmikan 9 Gedung Monumental di Papua

Gubernur Lukas Enembe Resmikan 9 Gedung Monumental di Papua

Must read

Jayapura, Mambruks.com – Gubernur Papua Lukas Enembe melakukan penandatanganan prasasti, penekanan tombol sirene serta pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK, Yulce Enembe, menandai seluruh rangkaian kegiatan, Peringatan HUT Provinsi Papua ke-73, Peresmian Sejumlah Infrastruktur, Pameran Pembangunan dan Natal bersama Pemerintah TNI/Polri dan Masyarakat, di Halaman Kantor Gubernur, Dok II Jayapura, Papua, Jumat (30/12).

Acara peresmian dihadiri jajaran Forkopimda, Bupati, Wali Kota, Pimpinan OPD, Pimpinan Perbankan, Instansi Swasta, Delegasi Vanimo, Hon. Mr. Tony Wouwou (Gubernur West Sepik), Mr. Patrick Billy Hamoupa, (Kapolda Prov West Sepik), Mr. Sinclair Willy (Secretaty Parliement), Mrs. Kossi Ebellina (Governor Staff), Mr. Leon Galemo ( Konsul PNG), Bpk. Allen Simarmata (Kepala Perwakilan RI Vanimo), dan ribuan masyarakat.

Adapun 9 gedung monumental yang diresmikan secara simbolis yakni, gedung Kantor Gubernur Papua, Kantor Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Kantor MRP, Kantor KPU Provinsi Papua, 3 Kantor Samsat meliputi Kantor Samsat Keerom, Kantor Samsat Paniai dan Kantor Samsat Supiori, dan peresmian ruang perawatan jantung RSUD Dok 2 Jayapura.

Pembangunan Kantor Gubernur Papua memiliki luas bangunan fungsional 18.323 m2 terdiri dari 9 lantai. Dimana lantai 1 merupakan parkiran, ruang operator, lantai 2 berupa loby utama, ruang rapat, anjak utama, lantai 3 merupakan sekretaris daerah, asisten daerah, staf ahli, anjak madya.

Lantai 4 terdiri dari ruang gubernur, Wakil Gubernur, ruang rapat, lantai 5 terdiri dari biro umum, lantai 6 terdapat biro tata pemerintahan dan otonomi khusus, lantai 7 terdapat biro hukum, lantai 8 terdapat biro organisasi dan dharma wanita dan lantai 9 terdiri dari auditorium, gym, executive lounge.

Data yang didapatkan dari Dinas Kominfo Papua, sumber dana dari pembangunan Kantor Gubernur APBD 2021-2022 dengan waktu pelaksanaan yakni 15 bulan terhitung Oktober 2021 hingga Desember 2022.

Sementara pembangunan gedung kantor KPU dengan waktu pengerjaan Oktober 2021 hingga Desember 2022 dengan luasan bangunan 6890 m2. Adapun model bangunan berbentuk kotak dengan komposisi material beton bertulang, pada fasade bangunan terdapat penggunaan ornamen ukiran Papua, terdapat atap kariwari pada area tengah top floor.

Baca Juga  Menparekraf Harap Produk Parekraf di Jayapura Bisa Naik Kelas Lewat Program "Beti Dewi”
Foto : Dian Mustikawati

Bangunan Kantor KPU tersebut berlantai 4 dengan ruangan yang terdiri dari area lobby, ruangan kepala bagian dan staff, ruangan kepala sub bagian dan staff, 1 ruangan bendahara, 1 ruangan rapat, 7 ruangan komisioner, ruangan Ketua KPU, ruangan aula, taman dan kantin.

Untuk pembangunan Gedung Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) dengan luas bangunan fungsional 13.653 m2 terdiri dari 15 lantai dan 1 lantai semi basement. Terdapat ruangan lobby, perpustakaan, lounge, hall, ruang sekretariat, staff ahli, ruang anggota pokja agama, pokja perempuan, pokja pemuda, pokja adat, ruang ketua, ruang wakil ketua, ruang panmus, ruang purt, ruang dewan kehormatan, ruang sidang, lounge VIP, pers, ruang makan / cafetaria, ruang me, sarana penunjang dan lainnya.

Sumber dana pembangunan kantor MRP adalah APBD TA 2021-2022, dengan waktu pelaksanaan selama 13 bulan yang dimulai pada November 2021. Dengan model bangunan berbentuk tifa yaitu alat kesenian musik khas Papua.

Kemudian Tiga Kantor UPPD Samsat Bappenda Provinsi Papua terdiri dari kantor Samsat Paniai dengan luas bangunan fungsional 397.5 m2 terdiri dari 2 gedung utama dan gedung penunjang.

Gedung utama terdiri dari 13 ruangan meliputi, Ruang Pelayanan Pembayaran Kendaraan Bermotor, Ruang Tunggu Wajib Pajak, Ruang Pengaduan dan Informasi, Ruang Kepala UPPD, Ruang Kanit Regident, Ruang Tata Usaha, Ruang Seksi Pendataan, Pendaftaran dan Penetapan, Ruang Seksi Penagihan, Pembukuan dan Pelaporan, Ruang Jasa Raharja, Ruang Rapat, Ruang Arsip,Ruang Pengaduan dan Informasi, Ruang Kamar Mandi Pegawai dan Kamar mandi umum.

Gedung Penunjang memiliki 3 ruang melipiuti Ruang TNKB, Ruang Cek Fisik dan Ruang Genset. Dengan sumber dana APBD Provinsi Papua tahun anggaran 2021 dan waktu pelaksanaan selama 6 bulan sejak Juli 2021 s/d Desember 2021.

Baca Juga  Putri Candrawathi Tidak Ditahan, Komisi III DPR Minta Polri Profesional
Foto : Dian Mustikawati

UPPD Samsat Keerom luas bangunan fungsional 809.85 M2 terdiri dari 2 Gedung Utama dan Gedung Penunjang. Gedung utama terdiri dari 14 ruangan meliputi : ruang pelayanan pembayaran kendaraan bermotor, Ruang Tunggu Wajib Pajak, Ruang Informasi, Ruang Bermain Anak dan Ruang Laktasi Ruang Kepala UPPD, Ruang Kanit Regident, Ruang Tata Usaha, Ruang Seksi Pendataan dan Penetapan, Ruang Seksi Penagihan, Pembukuan dan Pelaporan, Ruang Jasa Raharja, Ruang Rapat, Ruang Server, Ruang Mushola, dan Ruang Kamar Mandi Pegawai dan Kamar mandi umum.

Gedung Penunjang memiliki 6 ruang melipiuti Ruang Pos Jaga, fotocopy dan kantin, ruang  ATM, ruang TNKB, ruang cek fisik kendaraan, ruang BPKB penyerahan dan ruang genset. Dengan sumber dana APBD Provinsi Papua tahun anggaran 2022. Waktu pelaksanaan selama 7 bulan terhitung Mei 2022 hingga Desember 2022.

Kantor UPPD Samsat Supiori dengan luas bangunan fungsional 397,5 M2 terdiri dari 2 gedung utama dan gedung penunjang. Dimana gedung utama terdiri dari 14 ruangan meliputi  Ruang Pelayana Pembayaran Kendaraan Bermotor, Ruang Tunggu Wajib Pajak, Ruang Informasi, Ruang Bermain Anak dan Ruang Laktasi, Ruang Kepala UPPD, Ruang Kanit Regident, Ruang Tata Usaha, Ruang Seksi Pendataan & Penetapan, Ruang Seksi Penagihan, Pembukuan & Pelaporan, Ruang Jasa Raharja, Ruang Rapat, Ruang Server, Ruang Bermain Anak, Ruang Laktasi dan Ruang Kamar Mandi Pegawai serta  Kamar mandi umum.

Gedung penunjang memiliki tiga ruang meliputi Ruang TNKB, Ruang Cek Fisik dan Ruang Genset. Dengan sumber dana APBD Provinsi Papua tahun anggaran 2022, waktu pelaksanaan selama 7 bulan terhitung Mei 2022 hingga Desember 2022.

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutan yang dibacakan Plh Sekda Derek Hegemur menyampaikan, pada moment peringatan hari jadi provinsi Papua, dirinya selaku Gubernur Provinsi Papua dan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua merasa berbahagia dan berterimakasih kepada Tuhan YME karena telah memasuki usia Provinsi Papua yang ke 73 tahun.

Baca Juga  BNN Jayapura Musnahkan Barang Bukti Ganja Kering Seberat 3 Kilo

“Tetap diberikan kekuatan untuk pekerjaan sehingga bisa mencapai hasil hasil pembangunan yang maksimal dan memuaskan, apa yang kita capai dan saksikan hari ini merupakan buah dari kerja keras dengan hati yang tulus dimasa kepemimpinan saya dan almarhum Klemen Tinal yang ada didalam visi dan misi saya selaku Gubernur Papua,”ucapnya.

“Tahun 2023 merupakan tahun terakhir masa kepemimpinan saya, diharapkan kita semua tetap semangat dan menyelesaikan sisa kegiatan yang direncanakan tahun 2023 sehingga dapat meninggalkan hasil karya yang terbaik untuk dikenang dan dinikmati oleh generasi muda atau anak cucu kita di masa yang akan datang,” ujarnya.

Ditambahkan Gubernur Enembe, di periode kepemimpinannya bukan hanya empat kantor ini yang dibangun, tetapi di tahun sebelumnya sudah banyak pembangunan infrastruktur yang dilakukan antaralain, pembangunan jembatan Papua bangkit mandiri di Youtefa, pembangunan Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan, dan fasilitas lainnya, termasuk pemberian beasiswa unggul Papua di dalam maupun di luar negeri bagi anak anak Papua dan jaminan kesehatan bagi orang asli Papua melalui kartu Papua sehat.

“Kepada semua ASN di provinsi Papua dan semua pihak yang terlibat dalam proses pembangunan ini kedepan dapat bekerja keras lebih terbuka dan transparan agar masyarakat dapat melihat, mengetahui dan dapat merasakan hasil hasil pembangunan di Provinsi Papua,” pesannya menutup sambutan.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest