SportstationUngkapan Louis van Gaal Ingin Latih Timnas Portugal

Ungkapan Louis van Gaal Ingin Latih Timnas Portugal

Mantan pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal mengaku memiliki keinginan untuk melatih Timnas Portugal.

Must read

Belanda, Mambruks.com- Mantan pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal mengaku memiliki keinginan untuk melatih Timnas Portugal. Van Gaal akan siap menerima tawaran tersebut jika ada panggilan kembali melatih.

Usai tersingkirnya Belanda di babak perempat final Piala Dunia 2022, Van Gaal memutuskan untuk mundur dari ‘Tim Oranje’. Sebelum gelaran tersebut, pelatih 71 tahun itu sempat mengonfirmasi bahwa itu akan menjadi yang terakhir dalam karier kepelatihannya.

Baca juga: Deretan Pemain Tertinggi di Piala Dunia 2022, Kiper Belanda Capai 2 Meter

Van Gaal akhirnya memutuskan pensiun. Foto: Jordan Mansfield/Getty Images
Van Gaal akhirnya memutuskan pensiun. Foto: Jordan Mansfield/Getty Images

Namun, mantan juru taktik Manchester United dan Bayern Muenchen itu tak menutup kemungkinan untuk kembali melatih, salah satu di antaranya untuk Timnas Portugal.

“Saya pensiun lagi. Tapi, jika [Portugal] menelepon saya, saya akan mendengarkan. Hanya itu yang bisa saya katakan,” tutur Van Gaal kepada 3FM.

Kursi pelatih Timnas Portugal saat ini memang tengah kosong setelah Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Fernando Santos. Keputusan tersebut diambil imbas kegagalan Portugal di Piala Dunia 2022 dengan takluk dari Maroko di babak perempat final.

Beberapa nama mulai dikaitkan untuk menjadi pengganti Santos di Timnas Portugal. Nama-nama yang muncul di antaranya adalah pelatih AS Roma, Jose Mourinho dan mantan pelatih Benfica, Jorge Jesus.

Baca juga: Belanda Tersingkir, Van Gaal Ungkap Pesan untuk Pelatih Baru De Oranje

Eks Pelatih Portugal, Fernando Santos, di laga melawan Ukraina. Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko
Eks Pelatih Portugal, Fernando Santos, di laga melawan Ukraina. Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko

Adapun Louis van Gaal saat ini masih menganggur setelah mundur dari Timnas Belanda pasca kegagalan di Piala Dunia 2022. Van Gaal tercatat sudah tiga periode menjalin kerja sama sebagai pelatih Tim Oranje. Sebelumnya, periode pertama Van Gaal menukangi Timnas Belanda yakni pada Juli 2000 hingga November 2001.

Baca Juga  Pamit dari Persipura, Brian Fatari Resmi Gabung Dewa United di Liga 1

Dia kemudian melanjutkan karier sebagai pelatih Barcelona, AZ Alkmaar, dan Bayern Muenchen hingga 2011 sebelum melanjutkan periode keduanya di Timnas Belanda pada Juli 2012 hingga Juli 2014. Prestasi terbaiknya bersama Belanda yakni menjadi peringkat ketiga Piala Dunia 2014 di Brasil.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest