HeadlinesDianggap Ada Konflik Kepentingan, Management PTFI secara sepihak Tunda Perundingan PKB 2023

Dianggap Ada Konflik Kepentingan, Management PTFI secara sepihak Tunda Perundingan PKB 2023

Must read

Jakarta, Mambruks.Com-Perundingan PKB antara Serikat Pekerja dengan Manajemen PT Freeport Indonesia terancam batal, diduga pihak manajemen membatalkan rencana perundingan secara sepihak dengan alasan terdapat konflik kepentingan antara Tim Juru runding yang diusulkan Serikat Pekerja.

Terkait perundingan ini, sebelumya pada tanggal 20 Oktober 2023, sudah dilakukan pembukaan perundingan Pembaruan PKB dan PHI PTFI pada hari Jumat tanggal 20 Oktober 2023 di Rimba Papua Hotel Timika.

Melalui surat yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris Serikat Pekerja SPSI  dan FPE KSBSI PT Freeport Indonesia, Lukas Saleo dan Makmeser O. Kafiar, bahwa dalam acara Pembukaan Perundingan PKB dan PHI PTFI telah diserahkan Surat Mandat Tim Perunding perwakilan Pihak Serikat Pekerja/Serikat Buruh dengan Pihak management PTFI agar dapat segera dilaksanakan Perundingan pembaruan PKB dan PHI PTFI.

Bahkan sebelum dilaksanakan acara pembukaan Perundingan PKB dan PHI PTFI perwakilan management dengan perwakilan SP/SB telah memulai pembahasan sebagian Tata-tertib Perundingan dimana dimana perundingan akan diawali dengan melaksanakan pembekalan bersama di Jakarta dan dilanjutkan proses perundingan yang telah disepakati bersama.

Namun belakangan rencana tersebut batal karena pada tanggal 30 Oktober 2023  manajemen PT FI mengirimkan surat kepada Serikat Pekerja terkait adanya keberatan mereka mengenai adanya dugaan konflik kepentingan dalam perundingan nantinya karena Ketua Tim Perunding PKB dari pihak pekerja adalah seorang pimpinan senior yang menjabat posisi sebagai Vice President.

Clementino Lamury selaku EVP Director, Human Rsources mewakili manajemen PTFI dalam suratnya menyampaikan adanya seorang pimpinan senior PT FI sebagaimana dilaporkan pada para pemegang saham sebagai anggota bahkan Ketua Tim Perundingan jelas menimbulkan pertentangan kepentingan.

“Hal ini terlarang dan memiliki konsekuensi berdasarkan prinsip perilaku berusaha yang berlaku secara global,” tulis Clementino.

Baca Juga  Jenderal Andika Sebut Yudo Margono Bakal Hadapi Tantangan Besar sebagai Panglima TNI

Pihak manajemen menambahkan juga bahwa untuk sementara perundingan tidak dilanjutkan sampai permasalahan selesai dan akan dimulai lagi awal Desember 2023 dan dilanjutkan dengan perundingan ketentuan PKB pada Februari 2024.

Sampai berita ini diturunkan, kami belum mendapat konfirmasi dari pihak Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang memberikan kepercayaan kepada salah seorang senior Management sebagai Ketua Team Perundingan PKB 2023 mewakili unsur Serikat Pekerja dan Serikat Buruh PTFI.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest