ScoopNatalius Pigai Puji Kepemimpinan Lystio Sigit, Polri Makin Dipercaya Publik

Natalius Pigai Puji Kepemimpinan Lystio Sigit, Polri Makin Dipercaya Publik

Must read

Jakarta, Mambruks.Com-Hasil Survei Indikator Politik belum lama ini yang memperlihatkan tingkat kepercayaan terhadap lembaga Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) meningkat hingga 70,8 persen tidak terlepas dari kepemimpinan Kapolri Jenderal Lystio Sigit Prabowo yang sangat terbuka.
;;
Hal tersebut disampaikan oleh Aktivis Nasional Hak Asasi Manusia Natalius Pigai dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (28/3).

“Saya kira baru kali ini kepolisian di bawah kepemimpinan Pak Lystio sangat terbuka. Semua perubahan baik perubahan kemajuan (progress) dan stagnasi (regress) di tubuh kepolisian dapat dilihat secara transparan,” ungkap Natalius.

Ia memberikan beberapa catatan kebijakan yang menurut dia berhasil dilakukan Polri selama ini yang ikut memberi kontribusi naiknya tingkat kepercayaan masyarakat.

“Katakan saja modernisasi instrumental seperti sistem Tilang Elektronik, laporan kamtibmas secara online, bahkan perbaikan, pembelian peralatan signifikan. Ini kebijakan bagus yang dinilai masyarakat,” katanya.

Selain itu, reformasi personil yang berorientasi pada kesetaraan dan profesional seperti pembentukan unit reserse perempuan dan anak yang dipimpin oleh polwan, kenaikan jenderal bintang untuk polwan merupakan terobosan yang baik.

Bukan hanya itu kata Pigaiz juga ada kebijakan pembentukan dan penguatan kapasitas baru bagi perwira Kombes yang masih antri untuk bintang mencapai 1000 lebih yang tidak bisa diselesaikan atau dicari solusi oleh para Kapolri sebelumnya.

“Masalah ini oleh Pak Listyo dicarikan solusinya. Polri membentuk atau merevitalisasi unit baru seperti Komandan Brimob yang dinaikkan jadi bintang 3, Kadensus 88 dinaikkan jadi bintang 2, pembentukan unit-unit kesetaraan gender itu semua telah membuka ruang baru agar SDM Perwira Menengah dapat didayagunakan secara maksimal,” papar Pigai.

Terlepas dari itu lanjut dia, kasus Ferdy Sambo dan Teddy Minahasa Putra telah memberi angin optimisme di masyarakat dan dipahami sebagai sebuah perbaikan signifikan dalam tubuh kepolisian. Hal itu ditunjukkan dengan tidak ada intervensi dari Kapolri atas kedua kasus yang melibatkan perwira tinggi Polri tersebut.

Baca Juga  Vaksin PCV dan Rotavirus Jadi Program Imunisasi Rutin, Cegah Pneumonia dan Diare

Hal lain adalah keterlibatan kepolisian dalam penugasan negara seperti penyelesaian proses vaksinasi, operasi pasar untuk akselerasi pembangunan nasional yang telah mendapat apresiasi publik.

“Saya optimis dengan melihat perubahan secara signifikan di tubuh kepolisian ini maka sangat bisa diterima jika rakyat memberi penilaian positif sebagai apresiasi publik pada institusi polri dan itu terbukti melalui temuan survei ini. Harapannya ini akan terus meningkat lagi ke depannya,” pungkas Pigai.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest