HeadlinesGuspardi Gaus Minta Mendagri Periksa Harta Sekda Riau Buntut Flexing sang Istri

Guspardi Gaus Minta Mendagri Periksa Harta Sekda Riau Buntut Flexing sang Istri

Must read

Jakarta, Mambruks.com-Istri dan anak dari Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto disorot karena pamer kemewahan alias flexing. Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian turun tangan.

“Sungguh amat disayangkan tindakan dari istri Sekda Riau itu. Sikap hedon yang diperlihatkan di media sosial oleh keluarga pejabat dinilai sebagai tindakan yang tidak wajar dan melukai hati masyarakat,” kata Guspardi saat dihubungi, Kamis (23/3).

Menurut Guspardi, Mendagri sebagai pembina aparatur sipil negara harus mengambil tindakan. Tentu tidak hanya sekedar menegur, tetapi harus diproses orang-orang yang seperti ini.

Selanjutnya, menyelidiki dan menelusuri sumber kekayaan dari yang bersangkutan. Hal itu bisa dilakukan dengan bekerja sama KPK dan aparat penegak hukum (APH) lainnya, ujar Politisi PAN itu.

Legislator dapil Sumatera Barat 2 ini pun mengingatkan kepada seluruh pejabat dan ASN agar jangan ada yang suka pamer harta terlebih lagi jika itu dilakukan oleh pejabat atau ASN.

Tindakan hidup sederhana dan tidak bermewah-mewahan, kata dia, harus diterapkan oleh ASN. Hal tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo agar jangan suka memamerkan harta.

“Saya merasa prihatin. Kondisi tentang adanya pamer kekayaan para pejabat. Harusnya hal itu sesuatu yang mestinya dihindari oleh mereka. Sikap-sikap hedonis apalagi flexing yang dipamerkan di media sosial adalah sesuatu yang harus dihidari. Mestinya mereka punya rasa empati kepada masyarakat miskin. Lagipula gaya hidup hedon tentu akan mencederai dan melukai perasaan masyarakat,” katanya.

“Saya kira pejabat harus menjadi pemimpin yang jadi panutan masyarakat. Pemimpin dengan gaya hidup sederhana namun kaya dengan gagasan dan menginspirasi serta tidak bersandar pada kehidupan yang menonjolkan unsur materialistis,” imbuh anggota Baleg DPR RI tersebut.

Baca Juga  DPR Sahkan RUU Perlindungan Data Pribadi

Istri Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto, Adrias, menjadi sorotan karena memamerkan harta dan gaya hidup mewah di media sosial. Anto, sapaan akrab Hariyanto, berdalih barang-barang itu palsu alias KW.

Padahal sebelumnya, SF Hariyanto telah memperingatkan kepada seluruh pejabat Riau agar tidak hidup mewah termasuk keluarga sendiri.

SF Hariyanto memberikan klarifikasi terkait beredarnya foto-foto istrinya yang hidup mewah itu. Menurutnya, informasi yang beredar tidak sepenuhnya benar.

“Saya juga baru dapat informasinya. Namun saya pikir ini perlu diluruskan agar tidak menjadi informasi yang tidak benar di tengah-tengah masyarakat,” kata SF Hariyanto, Senin (20/3).

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest