ScoopTips bagi Orangtua Mengajari Anak Memilih Teman yang Baik

Tips bagi Orangtua Mengajari Anak Memilih Teman yang Baik

Mengajarkan anak tentang cara memilih teman yang baik dianggap penting karena akan melatih kecerdasan emosional, dan pada saat memutuskan memilih teman dengan bijak adalah pelajaran penting

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Mengajarkan anak tentang cara memilih teman yang baik dianggap penting karena akan melatih kecerdasan emosional, dan pada saat memutuskan memilih teman dengan bijak adalah pelajaran penting yang akan memiliki pengaruh nantinya pada saat mereka menjadi orang dewasa.

Pada umumnya anak-anak mulai membangun pertemanan atau persahabatan yang bermakna pada usia sekitar usia 4-5 tahun. Hubungan pertemana ini mungkin melalui teman sekelas, anak tetangga, sepupu dan koneksi lainnya melalui persahabatan orang tua.

Sebagai orangtua, perlu membimbing dan memberikan gambaran tentang kriteria dan kualitas perihal teman atau seseorang, mana yang disebut teman baik dan mana yang bukan teman baik.

Dengan cara ini, maka anak akan dapat diarahkan untuk membuat keputusan sendiri tentang dengan siapa merekan seharusnya berteman, dan jika sudah berhasil maka selanjutnya orangtua tidak perlu khawatir lagi karena mereka sudah tahu caranya memilih teman yang baik.

Baca juga: Cara Mengatasi Keterlambatan Berbicara pada Anak

Free Toddlers Forming a Circle  Stock Photo

Tips Mengajari Anak Memilih Teman

1) Pilih Teman Sejati

Teman yang baik atau teman sejati biasanya akan menawarkan dukungan, dorongan kebaikan, dan saling membantu dalam susah dan senang; sebaliknya mereka juga akan mengharapkan hal serupa dari temannya. Bimbing dan berikan penjelasan kepada anak perihal kriteria dan kualitas teman sejati.

2) Tidak Berteman dengan Anak Manipulatif

Berikan arahan dan ajarkan bahwa anak-anak yang bersifat manipulatif dan egois tidak layak untuk menjadi teman baik. Jika anak bergaul dengan anak-anak yang bersifat manipulatif dan egois, maka anak mungkin cenderung mulai berpikir bahwa memang seharusnya manipulatif dan egois.

3) Tidak Berteman dengan Anak yang Merendahkan

Teman yang baik tidak perlu merendahkan seseorang untuk membangun diri mereka terus-menerus. Anak akan menemukan bahwa orang yang mencoba menghina orang lain biasanya tetap melakukannya; karena mereka sudah terbiasa dan merasa nyaman dengan melakukan penghinaan dan merendahkan yang lainnya. Berikan penjelasan kepada anak perihal kriteria teman seperti itu, dan berikan arahan bagaimana cara menghindarinya.

Baca Juga  PPPK 2022 Kemendikbudristek, Ini Posisi Yang Dibuka

4) Tidak Berteman dengan Anak yang Menggunakan Kekerasan

Bimbing dan ajarkan kepada anak bahwa menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk membangun posisi mereka memilki resiko bagi dirinya. Dan anak seharusnya tidak memilih teman seperti itu, dan jika mereka melihat kondisi seperti itu, maka sarankan anak untuk segera menghindar dan meninggalkannya.

Free 2 Girl Walking on Brown Bridge during Daytime Stock Photo

5) Tidak Berteman dengan Anak yang Selalu Menyalahkan

Bimbing dan berikan arahan bahwa sering menyalahkan orang lain adalah tindakan yang tidak baik. Karena dengan cara itu adalah hanya berusaha melindungi diri dari kesalahan yang telkah dilakukan. Berikan penjelasan jika anak melihat kondisi dan perilaku seperti itu, dorong mereka untuk mencoba mempertanyakannya atau menghindari oarng yang memilki kriteria seperti itu.

6) Tidak Berteman dengan Anak yang Memanfaatkan Kelemahan Orang Lain

Ajarkan anak bahwa sering memanfaatkan dan menggunakan kelemahan orang lain untuk keuntungan mereka adalah hal yang tidak baik; dan beresiko akan ditinggalkan oleh temannya. Berikan penjelasan dan bimbing bahwa anak yang berperilaku seperti tidak perlu dijadikan teman; karena akan mempengaruhi kehidupannya kelak dikemudian hari.

Ini hanya beberapa tips yang dimaksdukan untuk memberikan informasi bahwa orangtua perlu memberikan penjelasan dan bimbingan kepada anaknya bahwa diluar banyak anak lain yang memillki kriteria dan kualitas pribadi yang beraneka ragam; dan orang tua perlu untuk mengarahkan anaknya agar dapat membuat keputusan sendiri dalam memilih teman yang baik.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest