HeadlinesLayanan Bandara Dekai Ditutup Sementara Buntut Pesawat Trigana Air Ditembak KKB

Layanan Bandara Dekai Ditutup Sementara Buntut Pesawat Trigana Air Ditembak KKB

Must read

Jakarta, Mambruks.com-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menghentikan sementara layanan pesawat Trigana Air dari dan ke Bandara Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua. Keputusan ini dilakukan buntut dari penembakan pesawat Trigana Air oleh kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sesaat setelah take off dari Bandara Dekai pada Sabtu (11/3).

“Demi keselamatan dan keamanan penerbangan, mulai Minggu, 12 Maret 2023 pesawat Trigana Air rute penerbangan dari dan ke Dekai tidak beroperasi sampai kondisi keamanan di sekitaran bandara (airside dan landside) dinyatakan aman oleh pihak berwenang,” ujar Kepala Bagian Kerja Sama Internasional Humas dan Umum Dirjen Perhubungan Udara, Mokhammad Khusnu dalam keterangan pers, Minggu (12/3).

Menurut Khusnu pihaknya sudah menerima laporan penembakan pesawat Trigana Air B 737 PAX PK-YSC rute penerbangan Dekai (DEX) – Sentani (DJJ) di Bandara Dekai yang diduga dilakukan oleh KKB. Akibat penembakan tersebut terdapat lubang di bagian bodi pesawat sebelah kiri.

“Pesawat landing dengan selamat di Bandara Sentani, Jayapura. Dalam kejadian ini diinformasikan bahwa kondisi crew pesawat dalam kondisi selamat,” katanya.

Baca Juga: KKB Tembak Pesawat Trigana Air Usai Take Off dari Bandara Dekai Papua

Berdasarkan laporan kronologis kejadian penembakan pesawat, jelas dia, sebelumnya pilot sudah menanyakan terkait kondisi disekitar area Approach R/W 07 kepada Air Traffic Controller (ATC) dan dinyatakan aman dan dijaga oleh aparat keamanan setempat. Pihak Groundhandling menginformasikan ada suara tembakan pada saat PK-YSC Approach. Setelah dilakukan Laik Around Check dinyatakan aman.

Kru kemudian melanjutkan boarding, dan pilot menanyakan kembali kepada ATC kondisi keamanan area bandara, namun ATC tidak mengetahui adanya penembakan pada saat approach.

Pihak Ground Handling menyarankan untuk take off di R/W 07 tetapi Pilot tidak setuju dan memutuskan Take Off di R/W 25. Kemudian terdengar suara dari belakang, tetapi Pilot tetap melanjutkan penerbangan mengingat tekanan di pesawat berfungsi normal.

Baca Juga  Anton Gobay Beberkan Motivasi Sesungguhnya Beli Senjata: Demi Membebaskan Tanah Air

“Pesawat berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Sentani,” beber Khusnu.

Khusnu menegaskan, Dirjen Perhubungan Udara telah memerintahkan Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah X untuk memantau dan melakukan koordinasi secara intensif dengan Unit Penyelenggara Bandar Udara Dekai, pihak keamanan dan stakeholder penerbangan terkait lainnya.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest