ScoopTelah Dibuka Pendaftaran KIP Kuliah 2023.

Telah Dibuka Pendaftaran KIP Kuliah 2023.

Kemendikbudristek telah membuka pendaftaran KIP Kuliah Merdeka tahun 2023 sejak kemarin, 14 Februari 2023.

Must read

Jakarta, Mambruks.Com – Kemendikbudristek telah membuka pendaftaran untuk  program KIP Kuliah Merdeka tahun 2023 sejak kemarin, 14 Februari 2023.

Seperti kita ketahui, KIP Kuliah adalah salah satu bantuan dari pemerintah yang berupa bantuan biaya pendidikan  dengan sasaran lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Setelah selesai tahap pendaftaran, pada 16 Februari sampai dengan 27 Februari 2023 akan dilanjutkan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP.

Akan tetapi, terdapat keterangan pada laman resmi Kartu Indonesia Pintar atau KIP memberikan bahwa jadwal dapat berubah sewaktu-waktu.

KIP Kuliah berlaku di di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, untuk siswa lulusan SMA, SMK, MA yang lolos seleksi melalui jalur SNMPTN, UTBK SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

Maka, siswa lulusan SMA, SMK, MA harus mendaftar KIP kuliah jika ingin memperoleh beasiswa yang ditawarkan.

Tahap Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023:

  • Pendaftaran dapat dilakukan langsung oleh siswa secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps (segera tersedia di Google Play Store).
  • Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.
  • Selanjutnya sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. (NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset).
  • Apabila proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  • Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  • Kemudian, siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  • Bagi calon penerima KIP Kuliah, apabila dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.
Baca Juga  Beasiswa Young Women Dari Paragoncorp X Everidea Education Buka Pendaftaran

Sekian informasi persyaratan KIP Kuliah 2023 yang tentunya penting diketahui oleh siswa lulusan SMA, SMK, MA. Semoga Bermanfaat!

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest