ScoopTips Liburan Bersama Keluarga saat Cuaca Ekstrem

Tips Liburan Bersama Keluarga saat Cuaca Ekstrem

Tahun baru bisa dijadikan momen untuk liburan bersama keluarga. Bahkan, tak jarang juga digunakan untuk liburan bersama menjelang pergantian tahun.

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Tahun baru bisa dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga. Bahkan, tak jarang juga digunakan untuk liburan bersama menjelang pergantian tahun.

Namun perlu diingat, kondisi cuaca hampir di seluruh wilayah Indonesia sedang tidak menentu. Mulai dari tingkat sedang hingga ekstrem. Bahkan, beberapa wilayah sudah diterpa banjir, longsor, hingga angin puting beliung.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Liburan Bersama Sahabat

See the source image

Jangan sampai liburan akhir tahun ini membahayakan kesehatan dan keselamatan anggota keluarga. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan?

Pilih Destinasi Wisata yang Ramah Anak

Untuk memperkecil risiko yang mungkin terjadi, sebaiknya pilihlah destinasi wisata yang ramah anak. Sebab, dengan cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, kemungkinan akan ada risiko yang bisa terjadi di perjalanan. Bila si kecil masih balita, destinasi wisata indoor menjadi pilihan yang lebih aman di tengah cuaca ekstrem seperti saat ini.

Bawa Perlengkapan Hujan

Mengutip dari Romper, barang yang penting dibawa saat liburan di tengah cuaca ekstrem adalah baju ganti. Saat musim hujan, cuaca tentu lebih dingin daripada biasanya, apalagi jika tujuan liburan kamu adalah wilayah yang sering diterpa hujan. Jangan lupa juga membawa payung atau jas hujan bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca juga: Pj Bupati Jayapura Imbau Warga Waspada Cuaca  Hujan Intensitas Tinggi

Bawa Obat-obat yang Diperlukan

Cuaca yang tidak menentu bisa meningkatkan risiko anggota keluarga terkena berbagai penyakit. Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan obat-obatan yang dibutuhkan, terutama bila memiliki penyakit bawaan. Agar lebih mudah ditemukan, tempatkan obat-obatan tersebut dalam satu kotak atau tas.

Terapkan Protokol Kesehatan

Meskipun angka kasus virus corona sudah melandai dan Presiden Jokowi telah menghapus PPKM, tetapi penting untuk tetap mematuhi prokes selama liburan. Mulai dari menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sebab taat protokol kesehatan cukup efektif untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit menular, seperti flu dan batuk. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan anak dan keluarga.

Baca Juga  Redam KKB, Jokowi Minta Panglima TNI Yudo Margono Kurangi Personel di Papua

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest