HeadlinesLaksamana Ali Dilantik sebagai KSAL, DPR Soroti Kasus KRI Bawa Satwa Langka...

Laksamana Ali Dilantik sebagai KSAL, DPR Soroti Kasus KRI Bawa Satwa Langka dari Papua

Must read

Jakarta, Mambruks.com-Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar, Christina Aryani menaruh harapan besar kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang baru, Laksamana Madya Mohamad Ali. Menurutnya, Ali perlu memberi perhatian pada kasus menonjol menyangkut disiplin prajurit.

“Misal pernah ditemukan kasus dimana KRI dimanfaatkan untuk membawa satwa langka dari Papua. Kami harap KSAL memastikan kejadian semacam ini tidak terulang lagi,” ujar Christina kepada Mambruks.com, Rabu (28/12).

Menurut Christina, Ali merupakan sosok mumpuni dan karena itu diyakini mampu memimpin TNI AL dengan tugas-tugas dan tantangan yang sedemikian kompleks. Ali, sebut dia, punya rekam jejak baik, pernah menjabat Gubernur Akademi Angkatan Laut dan Pangkoarmada.

“Adapun jabatan saat ini sebagai Pangkogabwilhan I memperlihatkan kualitas kepemimpinan yang diyakini bisa membawa TNI AL semakin maju dan profesional ke depan,” katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Laksamana Madya Muhammad Ali sebagai KSAL Baru

Politikus Partai Golkar itu mengatakan, sosok Mohammad Ali sudah familiar karena sering mendampingi KSAL dalam rapat-rapat kerja bersama Komisi I DPR. “Sepengenalan kami karena interaksi saat raker beliau orangnya ramah, tenang dan kooperatif,” ucap Christina.

Sebagai KSAL yang baru, Christina menitipkan beberapa isu penting yang patut menjadi perhatian seiring fokus Panglima TNI ke depannya. Christina juga optimis koordinasi antara KSAL dengan Panglima TNI akan baik ke depannya.

“Kalau urusan koordinasi dan kerjasama dengan Panglima saya rasa tidak akan jadi masalah, pasti akan sangat kompak. Dan ke depannya karena Panglima TNI punya fokus khusus menangani hot spot, salah satunya Laut Natuna Utara yang juga dikaitkan dengan menjaga kedaulatan kita maka KSAL akan memegang peranan sangat penting,” jelas Christina.

Baca Juga  KSP Klaim Presiden Jokowi Selalu Dengarkan Suara Buruh

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan alasannya memilih Ali sebagai KSAL yang baru. Menurutnya, Ali dipilih karena memiliki rekam jejak dan jiwa kepemimpinan yang baik.

“Selalu saya melihat rekam jejak. Beliau (Laksamana M Ali) ini kan pernah di Gubernur Akademi AL, pernah di Pangkoarmada, pernah di Pangkogabwilhan. Pengalaman rekam jejak menjadi selalu saya lihat dan beliah memiliki leadership yang baik,” ujar Jokowi usai melantik Ali di Istana Negara, Rabu (28/12).

Baca Juga: Christina Aryani Sebut Yudo Margono Layak Gantikan Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

Menurut Jokowi, tanggung jawab Ali sebagai KSAL ke depan ialah kosentrasi terhadap kedaulatan negara di pulau terluar dan terbesar. Hal ini berkaitan dengan isu Laut Cina Selatan.

Apalagi, sambung Jokowi, Indonesia merupakan negara maritim dimana sebagaina besar wilayahnya merupakan kelautan.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest