Scoop5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bau Kaki

5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bau Kaki

Bau kaki bisa dihilangkan dengan cara sederhana dan menggunakan bahan alami. Mulai dari menggunakan teh hitam hingga air beras.

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Bau kaki bisa membuat seseorang tidak percaya diri dan malu ketika harus membuka alas kaki. Hal ini pada dasarnya disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak di daerah yang lembap akibat keringat.

Kabar baiknya, bau kaki bisa dihilangkan dengan cara sederhana dan menggunakan bahan alami yang dapat kamu temukan dengan mudah di rumah. Mulai dari menggunakan teh hitam hingga air beras.

Dirangkum dari Times of India berikut adalah bahan-bahan alami untuk hilangkan bau kaki. Simak selengkapnya di sini!

Baca juga: 5 Cara Mencerahkan Kulit Belang dengan Bahan Alami

Teh Hitam

Ilustrasi teh hitam. Foto: Shutterstock

Menghilangkan bau kaki bisa dilakukan menggunakan teh hitam. Asam tanat atau tannic acid yang terkandung dalam teh hitam dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki dan mengecilkan sel-sel penghasil keringat.

Caranya, rebus dua kantung teh hitam selama 15 menit. Setelah mendidih, angkat kantung teh hitam dan cairkan lagi dengan air suhu ruangan. Diamkan campuran tersebut sesaat, lalu gunakan sebagai rendaman kaki selama 15-30 menit.

Minyak Lavender

Lavender Oil. Foto: ShutterstockMinyak lavender mengandung antioksidan dan antibakteri efektif untuk membunuh bakteri di area kaki. Caranya, cukup teteskan beberapa minyak lavender ke dalam air hangat. Kemudian masukkan kaki ke dalam air dan biarkan meresap selama 10 menit.

Garam Epsom

Ilustrasi garam epsom. Foto: istockphotoGaram epsom atau yang biasa disebut juga dengan magnesium sulfat memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan perawatan tubuh. Kandungan magnesium pada garam ini juga bisa membunuh bakteri penyebab bau tak sedap pada kaki.

Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan setengah cangkir garam epsom dengan seember air hangat. Rendam kaki selama 10-20 menit untuk menghilangkan bakteri yang membuat kaki bau.

Baca juga: Cara Rawat Rambut Agar Lebih Sehat di Tahun Baru

Baca Juga  Tutorial Merapikan Alis Sendiri di Rumah

Gula dan Daun Peppermint

Ilustrasi gula Foto: Shutter Stock

Penggunaan scrub dari bahan gula dan daun peppermint dapat membantu tampilan kaki terlihat bersih dan bebas bau. Ini karena gula yang membantu pengangkatan sel kulit mati dan daun peppermint yang mendinginkan sekaligus menghilangkan bau kaki

Caranya, campurkan satu sendok makan gandum, satu sendok makan gula, dan dua sendok teh daun peppermint kering. Setelah tercampur, tambahkan satu sendok makan yoghurt, sari buah lemon, dan lima tetes minyak esensial peppermint.

Air Beras

Mengambil Manfaat Air Cucian Beras dan Tajin Untuk Kecantikan | HonestDocs

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bau kaki secara permanen adalah dengan merendam kaki dalam air beras. Caranya, masukkan beras biasa ke dalam air selama setengah jam. Kemudian, tiriskan untuk mendapatkan ekstrak beras. Rendam kaki di dalam air beras selama 10-15 menit

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest