ScoopBupati Jayapura Resmikan Tabita Hotel dan Convention

Bupati Jayapura Resmikan Tabita Hotel dan Convention

Must read

Sentani, Mambruks.com – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw meresmikan Tabita Hotel dan Convention yang merupakan kolaborasi pembangunan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dan PT. Berkah Kami Semua.

Proses pengerjaan Tabita Hotel dan Convention dimulai sejak 2019 lalu dan diresmikan 2022, direncanakan akhir tahun 2023 akan dilakukan grand opening sekaligus penggunaan seluruh fasilitas Hotel Tabita dan Convention.

Sebelum meresmikan, Bupati Awoitauw mengatakan, saat ini ibarat kita berada di dalam rumah sendiri, karena hotel ini merupakan salah satu aset Pemerintah Daerah dari sekian banyak aset yang kita miliki.

Bupati menjelaskan, perjalanan proses pembangunan hotel ini cukup panjang. Namun, nama Tabita tidak terlepas dari sejarah berdirinya bangunan megah ini.

Bupati Awoitauw menceritakan, Gedung ini awalnya digunakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Jayapura sebagai pusat kegiatan para kader PKK di Kabupaten Jayapura. Oleh sebab itu, meskipun dari jauh atau dari luar terlihat kemegahannya, tetapi isinya masih seperti yang aslinya.
“Hotel ini akan dijadikan sebagai tempat promosi kuliner lokal, kerajinan tangan mama-mama papua dan seleruh hasil karya lokal yang dibuat. Hasil produksi lokal tersebut wajib menjadi bahan konsumsi didalam hotel ini, seperti aneka kue sagu, ubi-ubian yang diproduksi menjadi kue dan penganan ringan lainnya. Termasuk papeda, ikan gabus kuah kuning serta produksi lokal lainnya berupa cinderamata bisa di promosikan dalam hotel ini,” ujar Bupati Mathius di Sentani, Sabtu (10/12/2022).

Aset tak bergerak ini menurut Awoitauw, kedepannya akan berdampak positif bagi kepentingan masyarakat di Daerah ini tetap juga berpeluang besar mendatangkan pendapatan asli daerah. Oleh sebab itu, dalam proses pengelolaannya seluruh pimpinan staf dihotel ini dapat bekerja dan bertanggung jawab terhadap tugas dan tanggung jawab yang diberikan.
Selain aset hotel ini, Pemerintah Daerah juga memiliki sejumlah aset di Kota Jayapura yang selama ini dijadikan sebagai sumber pendapatan asli daerah yaitu Mall Jayapura. Kontrak karya yang diberikan dengan pihak ketiga sudah memasuki 20 tahun dan harus diperbaharui lagi, sehingga aset tersebut tetap berguna bagi kepentingan Daerah ini.

Baca Juga  Pembangunan Gedung SMP Negeri 1 di Doyo Baru Dilakukan Awal Tahun 2023

“Para pekerja melalui pihak ketiga yang telah bekerja keras menghadirkan bangunan sebesar ini, atas nama pemerintah daerah kami sampaikan banyak terima kasih dan kepada pimpinan dinas terkait yang telah mengawal seluruh proses pekerjaan yang dilaksanakan sejak 2019 lalu, tak lupa kami memberikan apresiasi yang sedalam dalamnya atas jerih lelah, tenaga dan waktu serta pikiran hingga berdirinya hotel tabita dan convention ini,” beber Awoitauw.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Penataan Kawasan Kabupaten Jayapura,Terry Ayomi mengatakan, seluruh proses pembangunan hotel dimulai pada 2019 dengan pembangunan struktur dasar bangunan, lalu pada 2020 bangunan dan fasilitas pendukung, 2021 penyelesaian administrasi pendukung lainnya, 2022 finishing, nanti 2023 akan dilakukan grand opening.

“Besaran anggaran yang digunakan dari anggaran pendapatan belanja daerah kabupaten jayapura dalam proses pembangunan Tabita Hotel dan Convention ini sebesar 93 miliar 587 juta. Dikerjakan dalam beberapa tahap sejak 2019 lalu dan diperkirakan akhir 2023 bisa dilakukan grand opening,” pungkasnya.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest