Scoop5 Tips Ampuh Fasih Berbicara Bahasa Asing

5 Tips Ampuh Fasih Berbicara Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing berarti secara otomatis kita juga mempelajari budaya dari bahasa tersebut. Apakah kamu masih kesulitan untuk mempelajari bahasa asing?

Must read

Jakarta, Mambruks.com– Untuk membuat kamu bisa lancar dan bisa berbicara dengan fasih, kamu perlu latihan yang cukup melelahkan, lho. Belum lagi latihan yang kamu lakukan tidak mengasyikkan.

Namun, menurut IDN Times kelima tips berikut ini bisa mengatasinya, kok. Simak baik-baik, ya!

Baca juga: Virgin Coconut Oil Memaksimalkan Progam Diet

1. Kamu bisa berbicara di depan cermin tanpa takut salah

Tips pertama yang patut kamu coba adalah berbicara sendiri tanpa adanya lawan bicara. Salah satunya adalah berbicara di depan cermin.

Meskipun tips ini cukup aneh, namun sangat efektif kok, untuk kamu agar lebih percaya diri dan tidak takut salah ketika berbicara. Pasalnya, kamu hanya dihadapkan dengan dirimu sendiri.

Nah, percaya diri dan berani ngomong inilah, salah satu aspek awal dan terpenting ketika melatih kemampuan berbicara bahasa asing. Kamu bisa mengasahnya secara rutin melalui kegiatan ini. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk memerperbaiki gestur atau bahasa yang tubuh yang tepat saat berbicara.

2. Kamu bisa dengarkan dan tirukan pengucapan penutur asli lewat film yang kamu suka

Selanjutnya, pengucapan kata atau kalimat dalam bahasa asing memang sangat penting, lho. Hal tersebut membuat orang yang kamu ajak bicara lebih paham dengan apa yang sedang kamu katakan.

Salah satu cara untuk melatihnya adalah dengan mendengarkan dan coba untuk mengikuti pengucapan dari penutur asli bahasa yang sedang kamu pelajari. Sebab, belajar dari penutur asli bisa membuatmu belajar seperti layaknya mereka berbicara.

Nah, Kamu bisa coba melatihnya dengan mengikuti ucapan pemain film yang kamu suka, nih. Selain mudah dan efektif untuk mengasah kemampuan pengucapan kata atau kalimat, kegiatan ini juga sangat menyenangkan, kok. Tidak melulu belajar harus dari sesuatu yang tegang dan tidak kamu sukai, kan.

Baca Juga  Kenali Gejala Gangguan Kepribadian Paranoid

Tips lainnya: Tips untuk Mencegah Garis Halus di Sekitar Mata

3. Berteman dengan penutur asli dari bahasa yang ingin kamu pelajari

Tips ketiga yaitu ,memiliki teman dari negara yang berbeda dan hal ini sangat mengasyikan juga lho. Kamu akan lebih mudah untuk bertanya mengenai hal-hal yang masih membuatmu bingung, seperti ucapan-ucapan khusus dalam bahasa mereka yang belum kamu tahu.

Kamu juga bisa bertukar informasi mengenai budaya dan kebiasaan orang-orang di negara mereka, seperti sopan santun dan tata krama saat berbicara. Mana kosakata yang tepat untuk dikatakan dan mana yang kurang sopan untuk diucapkan.

Di era teknologi yang serba canggih sekarang, kamu tidak perlu pergi ke negara mereka, kok. Kamu bisa manfaatkan teknologi internet untuk bisa berteman dengan penutur asli dari bahasa yang ingin kamu kuasai.

4. Kamu bisa install aplikasi di smartphone untuk melatih berbicara bahasa asing

Selain itu, sudah banyak tersedia aplikasi di smartphone untuk belajar berbicara dalam bahasa asing. Kamu tinggal download aplikasi yang kamu sukai dan bisa melatih kemampuanmu berbicaramu di sana.

Pilih aplikasi yang dapat mengembangkanmu dalam berbicara bahasa asing, ya. Bisa kamu lihat di kolom review dari pengguna yang pernah mencobanya. Jangan lupa cek juga ratingnya, agar tahu mana aplikasi yang memang berkualitas.

Jika kamu penasaran dengan aplikasinya, kamu bisa langsung install dan mencobanya. Namun, bila dirasa kurang tepat, kamu bisa hapus dan coba yang lainnya, kok. Mudah dan bikin belajar semakin menyenangkan banget, lho.

5. Kamu bisa travel atau pergi ke negara yang ingin kamu kuasai bahasanya

Berkunjung atau menetap di negara yang ingin kamu kuasai bahasanya, sangat efektif untuk bisa lebih fasih dalam berbicara, lho. Pasalnya, kamu akan berbicara secara langsung dengan penutur aslinya.

Baca Juga  Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai Penipuan SatuSehat via Pesan WA

Kamu akan merasakan bagaimana berkomunikasi secara langsung dengan topik pembicaraan paling sederhana hingga kompleks. Meskipun awalnya kamu tidak bisa apapun, setelah travelling kamu bisa sangat ahli, lho.

Kuncinya, kamu tetap belajar tentang kosa kata baru, mencatatnya, mengulangnya dan praktikkan saat kamu berada di sana, ya. Usahakan waktu-waktu selama kamu berada di negara tersebut dimanfaatkan, sebaik-baiknya untuk berkomunikasi dengan mereka juga.

Nah, bagi kamu yang serius ingin fasih dalam berbahasa asing khususnya kemampuan berbicaranya, coba deh terapkan kelima tips di atas. Usahakan kamu melakukannya dengan rutin dan tidak hanya sekali saja, ya. Selamat belajar!

 

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest