ScatteringTips Time Management yang Super Efektif

Tips Time Management yang Super Efektif

Time management atau manajemen waktu adalah suatu proses untuk melakukan kendali atas waktu dengan batas tertentu untuk melakukan tugas pekerjaan tertentu

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Time management atau manajemen waktu adalah suatu proses untuk melakukan kendali atas waktu dengan batas tertentu untuk melakukan tugas pekerjaan tertentu; meliputi kemampuan untuk merencanakan dan menggunakan waktu seefektif mungkin dan semaksimal mungkin.

Manfaat melaksanakan manajemen waktu :

  1. Mendorong untuk lebih tepat waktu dan disiplin.
  2. Mendorong untuk lebih penyelsaian pekerjaan yang rapi dan terorganisir.
  3. Meningkatkan moral dan menjadi lebih percaya diri
  4. Mengurangi kadar stress dan kecemasan.

Baca juga: Tips untuk Meningkatkan Leadership Skills

Free Analog Clock Sketch in Black Surface Stock Photo

Tips Manajemen Waktu

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melaksanakan manajemen waktu (time management) agar dapat mengelola waktu lebih efektif dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan

1) Membuat Daftar Tugas (To Do List); Buatlah daftar tugas atau hal hal yang harus dilakukan untuk harian, mingguan, dan atau bulanan. Membuat daftar tugas dan memetakannya dalam kalender merupakan teknik manajamen waktu yang paling baik untuk mengatur dan mengelola hal yang perlu dilakukan.

2) Menggunakan Pengingat; Setiap individu memiliki keterbatasan tertentu dalam mengingat (memory), termasuk dalam hal mengingat tugas, pekerjaan, atau hal hal yang perlu dilakukan pada jadwal tertentu. Dengan menggunakan alat pengingat (alarms, reminder pada komputer atau smartphone) akan dapat membantu menngingatkan perihal hal yang harus dilakukan pada jadwal tertentu; misalnya : rapat, menghadiri acara, menyerahkan laporan, dll.

3) Menetapkan Tujuan; Saat membuat time frame, tetapkan tujuan jangka pendek dan menengah dan panjang baik untuk diri sendiri maupun tujuan dari pekerjaan tersebut, berdasarkan bobot atau jumlah pekerjaan yang harus dilakukan. Selanjutnya dapat mempekirakan waktu yang digunakan untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut. Menetapkan tujuan harus realistis tidak terlalu tinggi namun tidak terlalu rendah, terlalu tinggi dapat membuat pesimis dan terlalu rendah dapat menjadi bosan serta tidak menantang.

Baca Juga  Kenali Perforasi pada Saluran Pencernaan, Gejala dan Penyebabnya

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest