SportstationAlasan Jersey Penjaga Gawang Tak Sama Dengan Rekan Satu Tim

Alasan Jersey Penjaga Gawang Tak Sama Dengan Rekan Satu Tim

Dari 11 pemain yang membentuk suatu kesebelasan, hanya jersey penjaga gawang yang berbeda. Kenapa begitu?

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Penjaga gawang di sepakbola menghabiskan sebagian besar waktunya di bawah mistar, namun mereka sering menonjol dari yang lain sebagaimana jersey-nya juga berbeda.

Dalam satu kesebelasan, hanya kiper yang warna seragamnya tidak sama dengan rekan satu timnya dan itu berlaku di seluruh belahan dunia dan liga.

Kenapa ya?

Menurut aturan FIFA, penjaga gawang di kedua tim memakai warna yang berbeda untuk ‘memisahkan’ dirinya dari rekan satu timnya dan pemain lain di lapangan. Hal itu sangat penting untuk situasi bola mati, seperti tendangan sudut, dan ketika banyak pemain berkumpul di kotak penalti.

Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang diizinkan untuk bermain bola dengan tangan, sehingga jersey-nya yang berbeda dapat membantu wasit dalam melakukan identifikasi demi mencegah kesalahan soal handball ilegal.

Baca juga: Mengapa Kiper Punya Karier Paling Lama Di Sepakbola?

Gianluigi Buffon - Italy vs Macedonia 2017

Pemandangan unik terjadi saat Italia melawan Makedonia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 pada 2017 lalu.

Waktu itu, kiper Italia Gianluigi Buffon justru memakai jersey warna biru khas Azzurri, yang menjadikan dia seolah-olah pemain non-outfield.

Meski begitu, rekan satu timnya tetap memakai seragam yang berbeda dari Buffon, sebagaimana di pertandingan itu skuad Italia bermain dengan warna putih.

Itu juga menjadi momen langka bagi legenda Juventus tersebut, karena untuk pertama kali dalam kariernya memakai jersey biru Italia.

Baca Juga  Pierre-Emerick Aubameyang Dicoret dari Skuad Liga Champions Chelsea

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles