HeadlinesLaga Penentu Indonesia Vs Filipina; Skuad Garuda Butuh 3 Poin

Laga Penentu Indonesia Vs Filipina; Skuad Garuda Butuh 3 Poin

Must read

Jakarta, Mambruks.com-Timnas Indonesia akan menghadapi laga penentu kontra Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB. Untuk mengamankan posisinya Indonesia membutuhkan tiga poin untuk mengamankan posisi runner-up dari kejaran Vietnam. Diketahui Timnas Indonesia saat ini sedang berusaha mengejar tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Zona Asia. Saat ini Skuad Garuda menempati posisi kedua di klasemen Grup F dan menyisakan satu laga.

Statistik keduanya mencatatkan rekor baik untuk skuad Garuda. Pada pertemuan terakhir dengan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia harus puas bermain imbang 1-1. Ketinggalan lebih dulu akibat gol Patrick Reichelt, Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan dengan gol Saddil Ramdani.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakin timnya bisa lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ia yakin Garuda bisa menaklukkan Filipina.

Di sisi lain, Filipina memang sudah tidak punya kepentingan dalam laga nanti. Sebab sudah tidak bisa beranjak dari posisi buncit. Meski begitu, Filipina juga tak mau pulang dengan tangan kosong.

“Di grup kita saat ini, memang yang kemungkinan lolos hanya Irak, Vietnam, dan Indonesia. Irak sudah lolos, dan Indonesia punya lebih besar peluang lolos ke ronde ketiga dibanding Vietnam, apalagi kita main home,” kata Shin Tae-yong, Senin (10/6).

Timnas Indonesia sebenarnya bisa cuma meraih hasil imbang dalam laga kontra Filipina sambil berharap Vietnam tidak menang melawan Irak. Namun, bergantung ke tim atau laga lain akan sangat berisiko.

“Saya sudah menganalisis dengan menonton pertandingan Vietnam melawan Filipina. Memang di tempat ini ya saya tidak bisa bicara bagaimana hasil analisis lawan dan bagaimana kami akan mengantisipasinya,” tutur Shin Tae-yong.

Baca Juga  Segera Cair Anggaran PIP SD - SMK.

“Tetapi, yang penting tidak perlu khawatir karena analisis kami sudah selesai soal tim ini seperti apa,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengingatkan Skuad Garuda harus bermain lebih baik saat menghadapi Filipina.

“Saya cuma ngingetin lawan Filipina tidak mudah, kalian harus bisa main lebih bagus lagi dari hari ini. Jangan salah-salahan,” kata Erick dalam videonya di sosial media pribadinya

“Kalian mau tiga poin? Mau ke Piala Dunia? Ayo masih ada kesempatan,” papar Erick Thohir yang dijawab ‘mau’ oleh para pemain.

Erick Thohir juga meminta Timnas Indonesia untuk evaluasi. Sebab kekalahan dari Irak kemarin, terdapat faktor-faktor kesalahan sendiri.

“Irak bermain baik, dan kita gagal meraih poin karena gol-gol handsball, serta kesalahan sendiri, lalu ada kartu merah. Oleh sebab itu, pelatih dan pemain harus evaluasi karena masih ada satu peluang saat nanti lawan Filipina,” jelas Erick Thohir.

Erick Thohir memperingatkan Timnas Indonesia untuk tidak memandang remeh Filipina. Menurutnya, Filipina juga sedang berkembang dan mau unjuk gigi meski peluang lolos mereka sudah tertutup.

“Peluang lolos ke putaran ketiga memang masih ada. Lawan terakhir Filipina nanti tanggal 11 Juni. Mereka tidak seperti dulu dan juga potensi untuk memberi ancaman sebab kita hanya imbang 1-1 saat bermain tandang (pertemuan pertama-red),” jelasnya.

“Saya yakin, Filipina yang sekarang berbeda dengan yang dahulu. Ketua Umum Filipina Football-nya baru, dan menyampaikan ingin seperti Indonesia. Jadi jangan melihat Filipina sebagai tim yang rendah. Jadi kembali harus evaluasi agar kita lolos ke babak berikut dengan meraih kemenangan,” tegas Erick.

Pelatih Filipina sendiri menganggap jika nanti hasil pertandingan melawan Indonesia berakhir seri maka fantastis. Sementara jika Filipina menang, Tom Saintfiet menganggap itu keajaiban.

Baca Juga  Hasil Piala AFF U-19: Bantai Filipina, Indonesia Berpeluang Besar Melaju ke Semifinal

Tom Saintfiet angkat topi kepada Timnas Indonesia. Ia menganggap Skuad Garuda sudah berkembang pesat dalam setahun terakhir.

“Setahun terakhir, Indonesia berkembang pesat. Mereka punya banyak pemain baru dan skuadnya makin kuat,” katanya saat memberikan keterangan di GBK, Senin (10/6).

“Saya pun sebenarnya sudah lama memantau Indonesia. Kualitasnya memang makin bagus dan salah satu yang terkuat,” sambungnya.

Pembahasan selengkapnya jelang laga Indonesia vs Filipina akan dikupas tuntas dalam program detikPagi edisi Selasa (11/6/2024).

Nikmati terus menu sarapan informasi khas detikPagi secara langsung langsung (live streaming) pada Senin-Jumat, pukul 08.00-11.00 WIB, di 20.detik.com dan TikTok detikcom. Tidak hanya menyimak, detikers juga bisa berbagi ide, cerita, hingga membagikan pertanyaan lewat kolom live chat.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest