HeadlinesBisa Populer: Tips Terbaru Memperbanyak Views YouTube Shorts 2024!

Bisa Populer: Tips Terbaru Memperbanyak Views YouTube Shorts 2024!

Must read

Jakarta, Mambruks.Com-Rendahnya jumlah views memang salah satu kendala utama dalam YouTube Shorts. Jika hanya sedikit audiens yang menonton video Anda, maka hal ini dapat menyebabkan channel Anda sulit berkembang.  Namun, penting untuk diingat bahwa sedikitnya views bukan berarti Anda gagal. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi jumlah views, seperti algoritma YouTube, persaingan, dan cara optimasinya. Berikut beberapa tips untuk mengatasi sedikitnya views sebagaimana dilansir dari matamaya.id. Matamaya adalah tool yang membantu Anda mengukur performa campaign di media sosial secara akurat, memperoleh insight, dan menerjemahkannya ke dalam grafik yang mudah dibaca. Matamaya membantu Anda untuk membuat laporan dan mengembangkan strategi digital Anda.

Berikut kami rangkum untuk Anda :

Tips Meningkatkan Views YouTube Shorts

Gunakan hook di awal video
Hook adalah elemen pembuka video yang menarik perhatian penonton sejak awal dan membuat mereka ingin terus menonton. Ini sangat penting untuk YouTube Shorts, mengingat durasinya yang terbatas. Hook bisa berupa teks maupun visual yang mencolok dan menarik perhatian dalam 3 detik pertama. Contohnya mengawali video dengan pertanyaan yang provokatif dan membuat penonton penasaran, seperti “Percaya atau tidak, kamu bisa membuat kue dalam 5 menit?”.

Gunakan teknik SEO
Mirip dengan SEO website, SEO YouTube juga melibatkan penggunaan kata kunci yang relevan agar audiens yang sedang mencari konten terkait mudah menemukan konten Anda. Namun, ada perbedaan dalam penerapannya karena konten YouTube berbasis video.

Beberapa elemen keyword dalam SEO YouTube perlu diterapkan pada hal berikut:
-Judul video: Buatlah judul yang jelas, menarik, dan mengandung kata kunci relevan
-Caption: Deskripsi singkat dan menarik yang menjelaskan isi konten dan menggunakan kata kunci
-Tag: Label yang berisi topik/ niche konten yang bisa membantu YouTube mengkategorikannya
-Transkrip video: Pertimbangkan menggunakan transkrip/ subtitle untuk meningkatkan aksesibilitas dan menyediakan teks tambahan yang dapat diindeks oleh YouTube

Baca Juga  Jurnalis Papua Serukan Tunda Pengesahan RKUHP

Variasikan tipe konten

Kreator konten YouTube Shorts, layaknya kreator konten video panjang, tidak harus hanya terpaku pada satu jenis konten saja. Sebaiknya Anda mencoba berbagai jenis konten untuk menarik segmen penonton yang berbeda-beda, sehingga channel Anda tetap diminati.

Beberapa YouTube Shorts idea yang bisa Anda coba seperti tutorial DIY, konten tips, review singkat, dan lainnya. Tidak perlu takut untuk mencoba jenis atau format konten baru. Eksperimen secara terus-menerus dapat membantu Anda menemukan apa yang paling disukai penonton dan membuat strategi konten Anda dinamis.

Coba berbagai durasi video
Meskipun durasi Shorts dibatasi hingga 60 detik, durasi ideal dapat bervariasi tergantung pada konten dan audiens Anda. Beberapa jenis konten mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk menyampaikan pesan, sementara yang lain lebih menarik jika dibuat singkat.

Selain itu,  ikuti selalu perkembangan terbaru tentang algoritma YouTube yang dapat mempengaruhi durasi video optimal untuk Shorts.  Terlepas dari durasinya, penting untuk membuat konten yang menarik dan informatif.

Ikuti tren yang sedang populer
Tips selanjutnya adalah mengikuti tren yang populer dapat meningkatkan view YouTube Shorts video Anda. Hal ini karena audiens cenderung lebih suka menikmati konten yang segar dan ramai dibicarakan oleh banyak orang.

Selain itu, ketika Anda mengoptimalkannya dengan menambahkan kata kunci yang terkait dengan tren pada video, video Anda akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari informasi tentang tren tersebut. Namun, tidak perlu semua tren Anda ikuti. Pilihlah tren yang relevan dengan niche Anda agar ciri khas brand Anda tetap terjaga.

Upload secara konsisten

Ketika Anda upload video secara konsisten, video Anda akan lebih sering muncul di feed dan notifikasi subscriber. Hal ini secara bertahap dapat meningkatkan views.  Semakin sering Anda upload video, YouTube juga akan melihat Anda sebagai kreator yang aktif. Algoritma YouTube akan mempertimbangkan hal ini dan meningkatkan peluang video Anda untuk direkomendasikan kepada audiens yang lebih luas.

Baca Juga  Diam-diam Elite Partai Gerindra dan PKB Gelar Pertemuan, Ini yang Dibahas

Ingin Monitoring Views YouTube Shorts Anda dengan Mudah dan Cepat?

Melakukan monitoring terhadap performa video Shorts Anda sama pentingnya dengan membuat konten yang menarik. Melalui monitoring, Anda dapat memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan dalam strategi YouTube Shorts Anda. Misalnya, apakah konten yang membahas topik populer benar lebih banyak ditonton oleh audiens Anda dan berdampak positif pada jumlah views? Monitoring performa views bisa dengan mudah dilakukan melalui social media monitoring tools. Salah satu tool yang menyediakan analisis video dalam YouTube Shorts analytic-nya adalah Matamaya.

Matamaya bisa Anda gunakan untuk melihat postingan-postingan yang memiliki views terbanyak dan mengetahui perbandingkan view yang Anda dapatkan dengan kompetitor. Tidak hanya itu, Matamaya juga mampu menganalisis pertumbuhan engagement, subscribers,  content pillar yang Anda miliki.

 

 

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest