ScoopMenparekraf Luncurkan Tourist Information Center di Bandara Dortheys Hiyo Eluay Jayapura

Menparekraf Luncurkan Tourist Information Center di Bandara Dortheys Hiyo Eluay Jayapura

Must read

Jayapura, Mambruks.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengawali kunjungan kerja ke Jayapura, Papua, dengan meluncurkan Tourist Information Center (TIC) di Bandara Dortheys Hiyo Eluay (DJJ) pada Rabu (5/7/2023), sebagai upaya penyediaan sarana informasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Jayapura.

Menparekraf Sandiaga mengapresiasi langkah inovatif Pemerintah Kabupaten Jayapura yang memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk mendapatkan layanan informasi seputar destinasi wisata, akomodasi, hingga event-event menarik yang ada di Kabupaten Jayapura. Sehingga wisatawan bisa merencanakan perjalanan wisata mereka dengan baik.

“Saya ucapkan selamat kepada Pj. Bupati beserta seluruh jajaran karena ini adalah sebuah inovasi yang sangat membantu untuk mendapatkan informasi baik daya tarik wisata maupun akomodasi dan event-event. Semuanya sudah dirangkum dan tinggal scan barcode, ini termasuk salah satu yang pertama di kabupaten seluruh Indonesia,” ujar Sandiaga.

Untuk mengakses layanan Tourist Information Center ini sangat mudah. Wisatawan cukup scan barcode kemudian langsung terhubung ke dalam website https://tourism.jayapurakab.or.id/.

Di dalam layanan ini Pemerintah Kabupaten Jayapura memiliki database yang lengkap mengenai objek wisata, termasuk deskripsi, peta, jam buka, rekomendasi, hingga pemesanan pemandu wisata. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi wisatawan yang ingin merencanakan perjalanan mereka sendiri.

“Layanan Tourist Information Center ini nantinya bukan hanya berada di lokasi kedatangan (Bandara Dortheys Hiyo Eluay), tapi juga akan disampaikan di media sosial. Karena di media sosial ini yang paling mudah kita share informasi untuk bisa menarik lebih banyak kunjungan wisatawan,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga berharap melalui layanan TIC dapat mendorong pergerakan wisatawan nusantara yang ditargetkan 1,4 miliar di tahun 2023. Karena setiap pergerakan wisatawan nusantara ini akan menghasilkan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat.

Baca Juga  Pedagang Pasar Lama Sentani Butuh Tempat Jual Yang Layak

“Dan target lapangan kerja yang akan kita capai di 2024 adalah 4,4 juta sangat mungkin bisa dicapai jika seluruh kabupaten di Indonesia memiliki inovasi yang sama,” harapnya.

Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas kesediaan Menparekraf Sandiaga meluncurkan Tourist Information Center di Jayapura.

“Ini menjadi motivasi buat pelaku ekonomi dan pelaku wisata khususnya di Kabupaten Jayapura dalam rangka peningkatan ekonomi dan pembangunan Jayapura,” ungkap Triwarno.

Turut mendampingi Menparekraf dalam peluncuran TIC tersebut di antaranya Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Brigjen TNI Ario Prawiseso, Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhaty dan Plh. Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest