ScoopPresiden Jokowi Membuka Secara Resmi FEKDI 2023

Presiden Jokowi Membuka Secara Resmi FEKDI 2023

Must read

Jakarta, Mambruks.com — Presiden RI Joko Widodo membuka Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) tahun 2023 dengan mengangkat tema “Synergy and Innovation of Digital Economy: Fostering Growth”, di Jakarta, Senin (8/5).

FEKDI 2023 merupakan ajang etalase inovasi produk dan layanan serta sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan digital yang ketigakalinya di gelar Bank Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Perekonornian dengan didukung oleh Kementerian-Lembaga, asosiasi dan industri, guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan FEKDI 2023 yang berlangsung selama 3 hari mulai 8 s.d. 10 Mei 2023 merupakan wujud nyata sinergi antara otoritas, pelaku industri, masyarakat baik di tingkat pusat dan daerah untuk mengakselerasi inisiatif dan kebijakan ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional, dan sebagai langkah konkrit Indonesia bersama-sama dengan negara ASEAN dalam mewujudkan konektivitas pembayaran lintas negara sejalan dengan tema Keketuaan ASEAN 2023 oleh Indonesia “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. ”

Adapun topik bahasan FEKDI 2023 pada hari pertama akan difokuskan pada sinergi dan inovasi peningkatan ekonomi regional. Pada hari kedua kita akan menyaksikan berbagai inisiatif terkait penguatan keterkaitan ekonomi lintas batas dan pembayaran lintas negara (cross-border paymen?. Hari ketiga dan sebagai penutup akan dibahas strategi dan inisiasi kebijakan dalam mendorong digitalisasi, serta inklusi ekonomi dan keuangan. FEKDI 2023 juga menyuguhkan showcasing yang menampilkan berbagai produk, inovasi, serta pencapaian pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital.

Pelaksanaan FEKDI merupakan salah satu wujud komitmen Bank Indonesia untuk memperluas digitalisasi sistem pembayaran guna memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional. Komitmen ini akan diwujudkan melalui sinergi sistem pembayaran digital dengan berbagai program Pemerintah dan otoritas terkait, serta pengembangan inovasi berkolaborasi dengan industri.

Baca Juga  Ramalan Zodiak Duo Inisial S

Momentum sinergi dan kolaborasi pada penyelenggaraan FEKDI tahun ini juga kembali diperkuat dengan launching Kartu Kredit Indonesia (KKI) untuk pemerintah, dan Jaunching ORIS Antarnegara Indonesia Malaysia.

Peluncuran Kartu Kredit Indonesia merupakan bentuk dukungan BI terhadap program Pemerintah dalam rangka aksi afirmasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), khususnya aspek sistem pembayaran. Kartu Kredit Indonesia dikembangkan untuk menciptakan kemandirian dan kedaulatan transaksi pemerintah, serta meningkatkan kapasitas UMKM. Pengembangan Kartu Kredit Indonesia merupakan milestone digitalisasi sistem pembayaran Indonesia sebagaimana tertuang dalam BSPI 2025. Sesuai dengan tagline “Setiap Transaksi Membangun Negeri”, Kartu Kredit Indonesia menjadi wujud nyata komitmen bersama untuk bersatu mengakselerasi ekonomi dan keuangan digital nasional.

Selanjutnya, perluasan pembayaran antarnegara berbasis OR Code juga terus dilakukan melalui interkoneksi OR Code pembayaran. Setelah sebelumnya bersama Thailand berjalan dengan lancar, BI memperluas interkoneksi OR Code pembayaran antarnegara dengan Malaysia dan akan diperluas ke negara lainnya, yakni Singapura. Hal ini dilakukan guna memberikan kemudahan dan memperluas pilihan pembayaran bagi masyarakat di kedua negara, yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transaksi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi, serta memperkuat stabilitas makroekonomi dengan mempromosikan penggunaan Local Currency Transactions (LCT) secara lebih luas.

Berbagai langkah ini merupakan bukti bahwa ASEAN terus memperkuat kerja sama dan mendorong berbagai alternatif kebijakan untuk menjadikan ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi baik di kawasan maupun global.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest