ScoopBNPB Serahkan Bantuan Rp1 Miliar Untuk Korban Gempa Jayapura

BNPB Serahkan Bantuan Rp1 Miliar Untuk Korban Gempa Jayapura

Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan bencana gempa Jayapura tahun 2023.

Must read

Jayapura, Mambruks.com- Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan bencana gempa bumi di Kota Jayapura tahun 2023.

“Bantuan berupa dana siap pakai (DSP) senilai Rp750 juta, bantuan logistik peralatan senilai Rp250 juta, dan santunan kepada ahli waris para korban,” ujar Deputi Bidang Penanganan Darurat, Mayjen TNI Fajar Setyawan, di Kantor Wali Kota Jayapura, Sabtu (11/2/2023).

Fajar mengatakan bantuan tersebut dalam rangka mendukung percepatan penanganan darurat gempa magnitudo 5,4 yang terjadi di Jayapura pada Kamis (9/2/2023).

Baca juga: Pengungsi Gempa Jayapura Tersebar di 15 Lokasi

“Kami juga membawa tenda pengungsi lima unit, selimut 3.000 lembar, dan matras 3.000. Kami melakukan asesmen bangunan layak agar ditempati,” ujarnya.

Gempa bumi berkekuatan M 5,4 tanggal 9 Februari 2023 mengakibatkan 29 bangunan rusak, seperto perkantoran, hotel, rumah warga, tempat usaha, dan rumah sakit. Jumlah korban yang mengungsi sebanyak 2.510 orang.

“Merencanakan berbagai langkah kesiapsiagaan agar dapat mengantisipasi bencana yang akan datang, sehingga dapat mengurangi korban terdampak,” ujarnya.

Didampingi Plt. Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB, Abdul Muhari, Direktur FPKP BNPB, Yus Rizal, Fajar berharap pemerintah daerah gencar melakukan mitigasi atau pencegahan, seperti komunikasi, informasi, dan edukasi.

Baca juga: BMKG : Kota Jayapura Sudah 1157 Kali Diguncang Gempa Bumi

Dilansir dari jubi.id, Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, menyampaikan terima kasih karena bantuan yang diberikan sangat berarti terutama bagi korban gempa.

“Bantuan ini sebagai wujud perhatian negara terutama kepada warganya di Kota Jayapura. Bantuan ini meringankan beban perekonomian bagi para korban gempa,” ujarnya.

Pekey minta warga tetap waspada dan tidak panik agar tetap nyaman beraktivitas. Pemkot Jayapura terus memastikan kepada masyarakat dengan melakukan penanganan agar menghindarkan warga dari korban jiwa.

Baca Juga  BNPB Update Korban Gempa Cianjur: Meninggal 268, Hilang 151 Orang

“Saya menyampaikan terima kasih kepada relawan bencana gempa yang sudah bekerja. Bantuan yang sudah diberikan kami optimalkan untuk mendukung pemahaman situasi tanggap darurat,” jelasnya.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest