ScoopPresiden Jokowi Yakin Harta Karun Freeport Mencapai 20x Lipat

Presiden Jokowi Yakin Harta Karun Freeport Mencapai 20x Lipat

Jokowi meyakini 'harta karun' yang dimiliki Freeport Indonesia jauh lebih besar daripada yang dimiliki saat ini

Must read

Jakarta, Mambruks.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan ‘harta karun’ tambang dan emas yang dimiliki PT Freeport Indonesia bisa lebih dari 20 kali lipat dari yang ada saat ini.

Dilansir dari CNBC, hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan sambutan dalam Silatnas dan Ultah ke 19 Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat di Sentul Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022).

Awalnya, Jokowi berbicara mengenai komitmennya untuk menyetop sejumlah komoditas sumber daya alam yang selama ini diekspor dalam bentuk barang mentah. Jokowi ingin, komoditas tersebut bisa diolah dan dapat menciptakan nilai tambah.

“Kita akan setop lagi tahun ini, timah bauksit,” kata Jokowi.

Jokowi pun menegaskan komitmennya untuk melakukan hilirisasi di sektor pertambangan. Jika BUMN maupun sektor swasta tidak sanggup mengolah komoditas minerba, Jokowi meminta agar perusahaan pelat merah dan swasta bisa melakukan transfer teknologi.

“Kalau BUMN dan swasta belum siap teknologi, ambil partner asing untuk transfer teknologi gapapa tapi industrinya ada di dalam negeri,” jelasnya

Jokowi kemudian teringat dengan kisah pemerintah Indonesia dan PT Freeport Indonesia beberapa tahun silam. Pada saat itu, Freeport Indonesia kerap tidak patuh terhadap permintaan pemerintah yang dengan terang-terangan meminta mereka membangun fasilitas pemurnian (smelter).

“Dulu Freeport bertahun-tahun perintah untuk bikin smelter saja tidak pernah didengerin. Tapi begitu Freeport 51% milik BUMN, tahun lalu smelter saya perintah untuk dibangun karena mayoritas milik kita sudah dibangun di Gresik, nanti kita lihat tembaga smeltering ini berapa,” kata Jokowi.

Jokowi meyakini ‘harta karun’ yang dimiliki Freeport Indonesia jauh lebih besar daripada yang dimiliki saat. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan di dalam negeri, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Baca Juga  Jokowi Minta Panglima TNI Tegas ke KKB, Ini Langkah Yudo Margono ke Depan

“Saya meyakini bisa 20 kali, kadang tidak saja bahan mentah bukan tembaga, tapi emas juga kita kirim. Mana kita tahu? Nanti smelternya jadi emasnya mungkin lebih banyak dari tembaganya tapi kita belum tahu karena ada produksi di smelter,” jelasnya

Artikel terkait: Freeport Indonesia Buka Lowongan Kerja Lulusan D4 hingga S2, Begini Cara Daftarnya!

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest