ScatteringManfaat Jalankan Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan!

Manfaat Jalankan Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan!

Puasa Senin Kamis adalah salah satu bentuk ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim. Kita perlu memahami manfaat menjalankan amalan satu ini.

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Puasa Senin Kamis adalah salah satu bentuk ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim. Kita perlu memahami manfaat menjalankan amalan satu ini.

Menurut Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, puasa Senin Kamis merupakan salah satu amalan puasa sunnah yang disepakati oleh para ulama. Rasulullah SAW pun kerap berpuasa Senin Kamis serta menganjurkannya.

“Wahai Rasulullah, mengapa Anda berpuasa pada hari Senin dan Kamis?” Dia berkata: “Pada hari Senin dan Kamis, Allah mengampuni setiap Muslim kecuali dua yang telah meninggalkan satu sama lain. Dia berkata: ‘Tinggalkan keduanya sampai mereka berdamai.’” (Referensi: Sunan Ibnu Majah 1740)

“Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rasulullah SAW bersabda: Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi).

Baca juga: Apa Dampak Berpuasa Tanpa Sahur Bagi Tubuh?

Manfaat Puasa Senin Kamis

Selain memiliki nilai religius, puasa Senin dan Kamis juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa Senin dan Kamis:

1. Membersihkan Tubuh dari Toksin
Puasa Senin dan Kamis dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya yang terdapat dalam makanan. Dengan berpuasa, tubuh akan beristirahat dari proses pencernaan yang berat dan memungkinkan organ-organ tubuh untuk membersihkan racun dan zat berbahaya dalam tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan
Puasa Senin dan Kamis juga dapat membantu menurunkan berat badan. Ketika berpuasa, tubuh menggunakan cadangan energi dari lemak dalam tubuh sebagai sumber energi. Ini membantu membakar lemak dan kalori yang tidak terpakai dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga  Blink-182 Reuni dengan Tom DeLonge dan Siapkan Tur Dunia

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Puasa Senin dan Kamis juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan jantung, seperti makanan yang mengandung lemak jenuh dan gula, maka dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur
Puasa Senin dan Kamis dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Dengan berpuasa, tubuh akan merasa lebih ringan dan segar, sehingga memungkinkan tubuh untuk beristirahat lebih nyenyak di malam hari.

5. Menjaga Kesehatan Mental
Puasa Senin dan Kamis juga dapat membantu menjaga kesehatan mental. Dengan berpuasa, seseorang dapat memperkuat ketahanan mental dan mengurangi risiko depresi dan kecemasan.

Itulah beberapa manfaat puasa Senin dan Kamis. Meskipun puasa Senin dan Kamis merupakan ibadah yang dijalankan untuk tujuan religius, manfaat kesehatannya juga tidak dapat diabaikan. Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba puasa Senin dan Kamis, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang menjalani diet khusus.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest