ScatteringCek Tanggal Hari Raya Idul Fitri 2023 di Sini

Cek Tanggal Hari Raya Idul Fitri 2023 di Sini

Sebentar lagi umat Muslim akan segera menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Sebentar lagi umat Muslim akan segera menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

PP Muhammadiyah, saat ini sudah menetapkan terkait kapan waktu Lebaran 2023.

Keputusan penetapan Hari Raya Idul Fitri 1444 H itu tercantum dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawam, dan Zulhijah 1444 H.

Berdasarkan hasil hisab yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Lebaran 2023 menurut Muhammadiyah dinyatakan jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Baca juga: Tips Buat Ketupat Lebaran yang Enak dan Awet!

Salat Idul Fitri 2023 Dilaksanakan pada Tanggal Berapa? Simak Penjelasannya  di Sini

Namun di sisi lain, ketetapan terkait kapan Idul Fitri 2023 masih belum diumumkan secara resmi oleh Pemerintah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ketetapan terkait kapan Hari Raya Idul Fitri nantinya akan diputuskan berdasarkan hasil pemantauan rukyatul hilal dan juga keputusan dalam sidang isbat yang digelar oleh Kementerian Agama.

Dalam pelaksanaannya, sidang isbat tersebut rencananya akan digelar pada 29 Ramadan atau 20 April 2023.

Mengutip Kompas.com, Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan ada potensi atau kemungkinan terjadinya perbedaan penetapan awal bulan Syawal 1444 H atau 2023 M.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menjelaskan, berdasarkan perhitungan ilmu astronomi, posisi hilal pada 29 Ramadan atau 20 April 2023 berada pada ketinggian antara 1 sampai dengan 2 derajat di atas ufuk dengan sudut elongasi di bawah 3 derajat

Posisi tersebut masih jauh di bawah kriteria baru visibilitas (imkan) rukyah menurut Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

Adapun kriteria baru yang dimaksud menurut MABIMS tersebut, ialah ketinggian hilal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Terkait soal penentuan kapan Hari Raya Idul Fitri, nantinya tetap menunggu hasil rukyatul hilal dan keputusan dalam sidang isbat.

Baca Juga  Patroli Berkuda Amankan Area KTT G20

Pada pelaksanaan sidang isbat penentuan awal Syawal 1444 H, Kementerian Agama akan bekerja sama dengan segenap ormas islam dan juga beberapa lembaga terkait lainnya.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest