ScatteringTips Siapkan Kendaraan Mobil Sebelum Perjalanan Libur Nataru

Tips Siapkan Kendaraan Mobil Sebelum Perjalanan Libur Nataru

Tahun baru tinggal menghitung hari, libur Nataru pun siap menanti. Sebelum melakukan perjalanan libur nataru orang tua harus menyiapkan segala sesuatunya

Must read

Jakarta, Mambruks.com- Tahun baru tinggal menghitung hari, libur Nataru pun siap menanti. Sebelum melakukan perjalanan libur nataru orang tua harus menyiapkan segala sesuatunya. Apalagi jika perjalanan jauh dan menggunakan mobil pribadi.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya dilakukan perisapan detait baik dari mobil maupun pengemudinya.

Dilansir dari suara.com terdapat beberapa tips dalam melakukan persiapan perjalanan bermobil untuk kendaraan dan pengemudi.

Dengan adanya persiapan ini harapannya, suasana liburan akan lebih seru karena perjalanan lancar hingga mencapai lokasi tujuan.

Baca juga: Tips Mudah Hilangkan Baret Mobil Tanpa Ke Bengkel

Tips Aman dan Nyaman Berkendara Jauh dengan Menggunakan Mobil Pribadi

Persiapan untuk mobil

  • Mobil selalu dalam kondisi bersih. Dalam arti dicuci setiap kali selesai bepergian. Termasuk dalam liburan, tetap disuahakan dalam kondisi bersih baik eksterior maupun interior saat akan bepergian, di lokasi liburan, saat melakukan side trip, dan ketika tiba kembali usai liburan.
  • Perhatikan bagian yang sering mendapatkan kontak fisik, seperti handle pintu dan tutup tangki bensin. Di bagian kabin, pastikan panel pintu, setir, tuas transmisi, tuas rem parkir, arm rest, hingga kontrol AC dan audio dalam kondisi bersih.
  • Lakukan pengukuran tekanan angin ban, dan pastikan tidak ada tetesan cairan sebagai indikasi terjadi kebocoran.
  • Perhatikan karet wiper dan pastikan tidak ada kotoran yang bisa menyebabkan baret di kaca. Cek pula kondisi cairan yang berada di ruang mesin dan tambahkan bila kurang.

Persiapan bagi pengemudi mobil

  • Pastikan dokumen kendaraan seperti STNK dan SIM A terbawa. Hindari meletakkan barang di console box atau dasbor yang berpotensi dilirik maling.
  • Simpan nomor penting untuk kondisi darurat seperti layanan bengkel 24 jam dan kantor polisi sepanjang rute yang dilalui. Juga layanan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU.
  •  Pahami rute perjalanan serta alokasikan waktu keberangkatan serta antisipasi kemacetan.
  • Persiapkan kebutuhan perjalanan supaya tidak repot saat mengemudi mobil. Misalnya mempersiapkan kartu e-toll dan pastikan saldonya memadai.
  • Patuhi aturan lalu lintas, tidak melanggar aturan meski pengguna jalan lain melakukannya, dan jaga emosi serta tidak mudah terpancing jika ada pengguna jalan lain melakukan manuver agresif seperti memotong jalur.
Baca Juga  Ramalan ZODIAK Hari Ini, Senin 31 Oktober 2022: Scorpio, Sagitarius, Libra Berhati-Hatilah Meninjam Uang

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest