Socio CulturalLirik dan Makna di Balik Lagu E Mambo Simbo Papua yang Dinyanyikan...

Lirik dan Makna di Balik Lagu E Mambo Simbo Papua yang Dinyanyikan di Istana Merdeka

Must read

Jayapura, Mambruks.com-Lagu E Mambo Simbo menjadi topik perbincangan setelah Staf Khusus Presiden Bily Mambrasar menyebut jika lagu tersebut berasal dari Biak, Papua.

Namun hal itu dibantah netizen asal Papua, Natan Tebai dan menyebut jika lagu E Mambo Simbo sebenarnya berasal dari Mamberamo (antara Kasona dan Burmeso.

“Pernyataan Bily Mambrasar, Staf Khusus Presiden itu amat keliru,” ujar Natan Tebai di laman Facebook sebagaimana dikutip Mambaruks.com, Kamis (18/8).

Menurut Natan, lagu Mambo Simbo didokumentaskan dan dimiliki grup musik Mambesak sebagai pemegang hak cipta.

“Sa tak tahu kelompok orkesra Jakarta kemarin dong nyanyi dalam acara 17 Agustus 2022, dong ada minta izin ke Mambesak atau tidak?,” katanya.

Baca Juga: Lirik Lagu Black Brothers ‘Terjalin Kembali’ Ciptaan Yochie Patipeyluhu

Natan menuturkan cerita dan makna di balik lagu E Mambo Simbo. Yakni mengisahkan seorang ibu (mama) yang melahirkan anak, wajah tak serupa manusia tetapi setengah manusia dan setengah kasuari.

“Masih ada di daerah Burmeso dan Kasona, daerah ini sekarang orang kenal Mamberamo Raya (Bahasa Biak) hingga kini, bukan suatu dongeng tetapi ini legenda,” katanya.

Natan mengatakan, anak tersebut lahir tapi tidak diterima baik oleh komunitasnya. Anak tersebut selalu diejek dengan kata-kata pedis yang membuat dia selalu merasa disingkirkan dari komunitasnya.

“Ia terperangkap dalam perasaan nurani seolah salah tempat ia dilahirkan,” tulis Natan.

Suatu ketika, menurut Natan, tanpa ia beritahukan ibunya, anak tersebut lari ke dalam hutan. Petang hari, senja berlalu anak ini tak datang-datang ke rumah. Sang ibu mulai kwatir tentang keselamatanya sehingga pergi mencarinya.

“Ia pergi mencari dengan banyak kata-kata penyesalan, sakit hati, rasa kehlangan, dan lain-lain. Anak itupun tak berikan suara pada mamanya. Suatu ketika ia datang dan beritahukan mamanya bahwa orang seperti dirinya tak hrus hidup dalam komutas manusia, biarkan ia hidup hidup bebas bersama alam, menjaga alam,” ungkap Natan.

Baca Juga  Batas Batu Wamena Jadi Destinasi Wisata Gunung Eksotis di Jayawijaya

Baca Juga: Top 10 Anti-Hero Paling Kuat dari Marvel Universe

Menurut Natan, antar perpisahan ibu dan anak itulah dihayati hingga kini menjadi lagu dan dapat didengar banyak orang Papua hingga kemarin di Istana Negara, 17 Agustus 2022.

Lagu E Mambo Simbo kalau dinyanyikan tidak harus dengan nada suara seperti ombak picah (keras) seolah dikejar orang seperti kemarin rombongan orkestra nyanyi di Jakarta tetapi mesti hening, reflektif dan penuh penghayatan,” pungkas Natan.

Lirik Lagu E Mambo Simbo

E Mambo Simbo
E Mambo Simbo
E Mambo Simbo
E … Mambo Simbo
Mambo Simbo

E Mambo Simbo
E … Mambo Simbo
Mambo Simbo

Mambo yaya yaya e …
Mambo yaya yaya e

Mambo yaya yaya e …
Mambo yaya yaya e

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest