HeadlinesTerbaik di Dunia, Anggrek Hitam Papua Capai Harga Ratusan Juta Rupiah

Terbaik di Dunia, Anggrek Hitam Papua Capai Harga Ratusan Juta Rupiah

Must read

JAKARTA-MAMBRUKS.COM Tidak dimungkiri, Papua memiliki kekayaan flora yang luar biasa. RISET  terbaru menyatakan Pulau Papua atau New Guinea memiliki keanekaragaman tumbuhan tertinggi dari beberapa pulau di dunia. Dilansir dari mediaindonesia.com, Pulau tropis terbesar di dunia itu memiliki 16% keanekaragaman tumbuhan lebih banyak dari Madagaskar. Sebelumnya, Madagaskar disebut sebagai pusat keanakaragaman hayati dengan 11.488 spesies.

Salah satu kekayaan tanaman Papua yang diakui dunia adalah keindahan tanaman Bunga Anggreknya, secara khusus anggrek hitam  atau dengan nama ilmiah Coelogyne pandurate.  Di Indonesia anggrek hitam memang hanya dapat ditemukan di Provinsi Kalimantan Timur dan Papua. Walau namanya sama-sama anggrek hitam, ternyata ada perbedaan yang cukup mencolok di antara kedua bunga cantik dan unik ini.

Anggrek hitam yang merupakan maskot Provinsi Kalimantan Timur, memiliki helai bunga yang dihiasi warna hijau cantik. Walaupun begitu, ada pula yang warna bunganya hitam pekat secara keseluruhan. Sementara, anggrek hitam papua memiliki putik bunga berwarna cerah. Kelopak bunganya, baik bagian luar maupun dalam berwarna hitam kelam merata. Anggrek hitam dari Papua ini sangat langka. Tak heran bunga jenis ini menjadi anggrek paling dicari oleh kolektor tanaman hias.

Begitu berharganya anggrek ini maka penyelundupan untuk membawanya ke luar Papua, bahkan ke luar negeri sangat marak. Ini cukup ironis mengingat anggrek hitam papua susah dikembangbiakkan di luar habitat aslinya. Rasio keberhasilan mengembangbiakkan anggrek ini di luar Papua hanya di angka 20-30%.

Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Dilansir dari laman harga.web.id, anggrek hitam Papua cukup sulit ditemui. Kalaupun ada yang menjual biasanya harga banderol tumbuhan satu ini bisa mencapai Rp100 jutaan. Apa yang membuatnya mahal? Tentu saja selain karena keindahannya, anggrek hitam ini termasuk tanaman langka yang dilindungi.

Baca Juga  Cerita Lucu di Balik Kolaborasi Taeyang BIGBANG dan Jimin BTS

Jika Anda menelusuri situs online pada 2021, Anda akan menemukan bunga anggrek Papua jenis lain, misalnya dendrobium violaceoflavens sp atau anggrek besi Papua. Anggrek yang satu ini berwarna ungu kehitaman hampir mirip dengan anggrek hitam dan dijual mulai Rp5.704.000 pada 2021. Harga tersebut terbilang naik dari 2020 lalu yang hanya Rp5,5 jutaan.

Khasiat Bagi Kesehatan

Dilansir dari laman travel.detik.com, anggrek hitam Papua, selain cantik, ternyata memiliki banyak khasiat.Memiliki nama internasional “The Black Blood-Red Dendrobium” atau yang dikenal sebagai Anggrek Dendrobium Hitam-Merah darah, Anggrek ini memiliki nama latin Dendrobium atroviolaceum Rolfe.

Uniknya, ternyata anggrek hitam ini merupakan anggrek persilangan yang dilakukan oleh seorang pakar budidaya anggrek Cymbidium asal Amerika Serikat, Andi Easton. Sedangkan untuk parental atau indukan dari anggrek ini adalah Cymbidium Janet Holland x Cymbidium Khairpour.

Walaupun anggrek ini bukan tanaman asli Papua, namun anggrek ini memiliki harga yang sangat mahal ditambah lagi anggrek ini termasuk tumbuhan yang langka.

Terdapat banyak sekali manfaat dari anggrek hitam ini, yaitu:
1. Dapat dijadikan sebagai obat diare
2. Mengobati rasa mual-mual
3. Mampu menghentikan pendarahan pada rahim
4. Mengobati sakit maag.

 

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest