HeadlinesMeki Mote : Deiyai Bisa Maju karena Fondasi Budaya, Gereja dan Semangat...

Meki Mote : Deiyai Bisa Maju karena Fondasi Budaya, Gereja dan Semangat Gotong Royong

Must read

Deiyai, Mambruks.Com-Tokoh muda Papua Tengah asal Kabupaten Deiyai Melkianus Mote optimis ke depan Kabupaten Deiyai bisa mengalami kemajuan pesat karena pada dasarnya Kabupaten hasil pemekaran Paniai tersebut memiliki akar yang kuat pada budaya, agama dan semangat gotong royong.

“Pada berbagai kesempatan saya selalu bilang bahwa daerah ini punya modal kuat untuk maju karena fondasinya sudah ada yaitu SDM, kekayaan budaya, agama dalam hal ini Gereja tinggal dipoles lebih baik lagi dengan semangat Gotong Royong,” ungkap pria yang akrab disapa Meki tersebut saat ditanya awak media di kediamannya, Jumat (22/9).

Menurut Karyawan Superintendendent pada departemen Facilities and Town Manajemen PT Freeport Indonesia itu, kemajuan Kabupaten Deiyai yang selama ini diharapkan banyak pihak adalah adanya Peningkatan kualitas hidup masyarakat, berkembangnya infrastruktur terutama pendidikan, kesehatan dan pelayanan dasar lainnya seperti jalan, air minum bersih dan sanitasi, serta kemampuan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mengatasi berbagai persoalan.

Bukan hanya itu, kemajuan juga ditandai dengan meningkatnya kesejahteraan yang bisa dicapai melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, serta ekonomi masyarakat yang merata.

“Artinya masyarakat makmur itu ya cukup pangan, cukup sandang, dan cukup papan,” ucapnya.

Selain itu Meki juga memandang perlu aspek kemajuan dari sisi
“Berkeadilan,” yang memperlihatkan adanya pengakuan setara tanpa diskriminasi terhadap semua lapisan masyarakat, khususnya keberpihakan yang jelas pada Masyarakat Asli Papua.

Dalam kaitan itu, putra Markus Mote (Wenamoye) dan Martina Dogopia tersebut menegaskan pentingnya aspek budaya dalam upaya memajukan Deiyai.

Konsep “Berbudaya” menurut dia ditandai dengan terciptanya masyarakat yang beradab dan berpegang teguh pada nilai – nilai keagamaan, adat, etnik, serta norma – norma kemasyarakatan yang berlaku.

Baca Juga  Meki Mote : Sambut Harapan Baru Tahun 2024

“Deiyai itu kaya dengan nilai budaya, yang juga selaras dengan kuatnya pengaruh agama. Kalau ini konsisten saya meyakini Deiyai ini bisa pesat kemajuannya,” tukasnya.

Sama halnya ide kemajuan, Meki meyakini ke depan jika fondasi ini kuat dan bisa dijalankan secara konsisten maka Kabupaten yang terkenal dengan Danau Tigi tersebut akan memiliki “daya Saing” yang ditandai dengan tercapainya tujuan hidup, memiliki kemandirian, dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

“Sebagai putra daerah saya optimis ke depan Deiyai akan melaju lebih cepat lagi mengejar ketertinggalannya. Tentu saja tidak dengan cara-cara yang biasa lagi tetapi harus luar biasa dengan konsep yang jelas dan program-program yang terukur,” pungkas Meki.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest