HeadlinesPutri Advokat Alvin Liem Diapresiasi; Tak Pantas Dikriminalisasi, Apalagi Intimidasi

Putri Advokat Alvin Liem Diapresiasi; Tak Pantas Dikriminalisasi, Apalagi Intimidasi

Must read

Jakarta, Mambruks.Com-Ketua Umum Jaringan Intelektual Peduli Indonesia (JIPI) Tio Sianipar mengingatkan penegak hukum untuk tidak melakukan kriminalisasi terhadap Kate Victoria Lim, putri advokat Alvin Lim yang belakangan sedang getol membela ayahnya atas tuduhan melakukan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik. Bukan hanya itu Kate juga melaporkan seorang perwira Polisi atas dugaan kata-kata kasar yang merendahkan martabat perempuan.

“Harus diakui Kate ini anak hebat. Terlepas dari soal kontroversi ayahnya benar atau salah tetapi upaya memperjuangkan keadilan harus kita apresiasi. Dia punya pengetahuan hukum, punya keberanian. Itu sangat luar biasa untuk anak seusia dia,” ungkap Tio kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/9).

Mahasiswi program Doktor UI tersebut menilai sosok Kate adalah inspirasi bagi anak dan perempuan Indonesia yang tidak takut memperjuangkan keadilan.

“Bahkan dihina pun dia tidak peduli. Dia sangat sabar melakukan perlawanan. Ini luar biasa,” sambung Tio.

Bagi Tio, apa yang disampaikan Kate perlu direspon penegak hukum baik Polri maupun Kejaksaan, bukan malah dikriminalisasi apalagi diintimidasi.

“Pak Kapolri harus tahu bahwa ini ada anak perempuan Indonesia yang berjuang mencari keadilan. Harus ditanggapi. Jangan malah diancam atau dikriminalisasi. Kami tegaskan, kami berada di belakang Kate,” ucap Ketua GMKI Jakarta tersebut.

Penegak hukum kata dia justru perlu memberi contoh bagaimana memperlakukan hukum berdasarkan keadilan bukan justru diskriminatif.

“Kami harap betul agar penegak hukum hangan mempertontonkan kebobrokan hukum di depan anak-anak ataupun generasi muda. Mereka justru perlu disampaikan praktek-praktek hukum yang baik, bermartabat dan berkeadilan,” pungkas Tio.

Baca Juga  Roy Suryo Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Meme Stupa Mirip Presiden, Tidak Ditahan Karena Sakit

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest