ScoopPengukuhan Julianus Khambuyouge Kambu Sebagai Ondoafi Asli Kampung Waena

Pengukuhan Julianus Khambuyouge Kambu Sebagai Ondoafi Asli Kampung Waena

Must read

Jayapura, Mambruks.com – Ondoafi Asli Kampung Waena Julianus Khambuyouge Kambu resmi dikukuhkan Jumat (17/2) di Alobuai Yauw, Buper Waena, Kota Jayapura, Papua.

Prosesi sakral itu dimulai sejak pukul 05.00 WIT, diiringi dengan tarian adat Kampung Waena mengantarkan Julianus Khambuyouge Kambu menuju tempat pengukuhan. Dilanjutkan dengan Ibadah pemberkatan yang dibawakan oleh Pendeta Hosea Wally.

Usai pengukuhan mewakili Ondofolo Kampung Waena Yosafat Ohee menjelaskan, seiring berjalannya waktu banyak suku asli Kampung Waena hampir punah.

“Waktu infasi orang Heram kesini, banyak suku asli kami ditaklukan diantaranya Khambu, Yepese dan Hendambo, suku-suku itu hampir punah,” kata Yosafat, Jumat (17/2).

Dijelaskan Yosafat, suku asli kampung Waena mempunyai cakupan wilayah begitu luas.

“Wilayah kami begitu luas, dari kampung Harapan hingga batasnya di Pengadilan Negeri (PN) Jayapura, namun waktu dulu kekuasaan kami diberikan kepada Ohee, dan saat ini kami telah mengambil kekuasaan itu,” ujar Yosafat.

Dia menegaskan, momen pengukuhan ini bukan ajang persaingan apalagi saling senggol, tetapi lebih kepada tujuan bermasyarakat yakni hidup bersama dengan kepemimpinanya masing-masing dan saling menghormati.

“Ini sangat penting dan saya mau jelaskan, tahun kemarin tepatnya bulan Desember Richard Ohee baru dilantik jadi Ondofolo Waena. Dan saat ini juga Julianus Khambuyouge Kambu resmi dikukuhkan. Sekali lagi saya tegaskan, ini bukan saling mengklaim, tapi kita akan berjalan sesuai dengan jalurnya masing masing,” tegasnya.

Yosafat mengaku, sebelum menuju momen sakral, pihaknya telah meminta ijin kepada para Ondofolo.

“Kami telah datang meminta ijin kepada para Ondofolo di kampung Harapan, Asei Kecil, Asei Besar, hingga Ayapo. Mewakili semua bapak Ondoafi Ayapo Enos Deda sudah memberikan restu dan mengijinkan prosesi ini dilakukan. Sekali lagi, Ini bukan terpaksa dan dipaksakan, semua karena sudah ada pengakuan,” paparnya.

Baca Juga  TNI Siaga Tempur di Daerah Pusat Operasi KKB

Ditempat yang sama, Ondofolo Hedam Harley Ohee membenarkan penyataan abuafa Yosafat Ohee.

“Bapak Khambu adalah Ondofolo asli, asli pemilik tanah Waena itu semuanya benar,” ungkapnya.

Lanjut kata Harley, kedepanya Ondofolo Julianus Khambuyouge Kambu diharapkan dapat membawa kampung adat Waena semakin baik.

“Harapannya adalah, bapak Julianus dapat membawa kampung adat Waena lebih baik,” harapnya.

Ondoafi Asli Kampung Waena Julianus Khambuyouge Kambu mengatakan, dirinya Kambu dari Waena bukan dari Sorong.

“Saya bukan Kambu dari Sorong, tapi saya pemilik asli Kampung Waena ini,” tandasnya.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest