Scattering5 Minuman Tradisional Papua dengan Cita Rasa yang Unik

5 Minuman Tradisional Papua dengan Cita Rasa yang Unik

Minuman tradisional Papua memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari minuman yang menyehatkan hingga beralkohol.

Must read

Papua, Mambruks.com- Selain pemandangan alamnya yang eksotis dan budayanya yang unik, Papua dan Papua Barat juga memiliki kuliner khasnya, seperti kebanyakan kota di Indonesia. Jika Anda sudah familiar dengan papeda atau sagu lempengnya, Anda juga bisa mencoba minuman tradisional Papua yang menggoda selera.

Minuman khas Papua memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari minuman yang menyehatkan hingga beralkohol. Nah, jika ingin meneguknya, berikut daftar minuman tradisional sehat asal Papua dan Papua Barat dengan cita rasa sensasional.

Teh Sarang Semut

Sarang Semut, Resep Sehat Ala Papua - MNews

Teh sarang semut adalah teh sarang semut dalam bahasa Inggris. Sarang semut sendiri merupakan tanaman asli dari papua yang dapat bersimbiosis dengan semut dan hidup diantara bebatuan. Teh sarang semut merupakan minuman herbal yang unik dan memiliki banyak manfaat. Beberapa nutrisi yang terkandung adalah flavonoid dan polifenol yang sangat baik untuk tubuh Anda.

Teh ini dapat menurunkan risiko kanker, masalah jantung, ginjal, diabetes, dan stroke. Anda bisa membeli minuman sehat ini di banyak toko Papua dan Papua Barat untuk diri sendiri atau orang yang Anda cintai sebagai oleh-oleh. Harga sekotak teh sarang semut cukup terjangkau.

Swansrai

Suguhan Spesial, Swansrai Minuman Khas Papua - GenPI.co

Minuman tradisional sehat lainnya dari Papua dan Papua Barat adalah Swansrai. Minuman ini terbuat dari air kelapa yang difermentasi. Untuk menghasilkan swasrai, proses fermentasi membutuhkan waktu yang lama. Itu sebabnya minuman ini mengandung alkohol.

Dibandingkan dengan minuman beralkohol lain dari daerah lain di Indonesia, Swansrai memiliki kadar minuman keras yang tinggi. Kadar alkoholnya mencapai 30 persen dan bisa lebih tinggi jika fermentasinya lebih lama. Itu sebabnya, pastikan Anda tidak banyak meminumnya. Swansrai biasanya disajikan menggunakan tempurung kelapa. Eksotis, bukan?

Baca Juga  Promo JSM Indomaret 27 - 29 Januari 2023

Sunset Papua

Es Sunset Papua | Tastemade

Selain memiliki nama yang cantik, minuman ini rasanya begitu mungil dan menyegarkan. Sunset Papua sangat populer di Papua dan Papua Barat karena cita rasanya yang surgawi. Nama tersebut dipilih karena warna minuman ini mirip dengan warna matahari terbenam.

Sunset Papua adalah perpaduan jus jeruk di bagian bawah dan jus wortel di bagian atas. Dengan perpaduan dua buah dan sayur yang menyehatkan, Anda pasti akan merasa segar kembali setelah meminumnya. Sunset Papua mengandung vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Tidak perlu menambahkan gula karena rasanya sudah manis.

Baca juga: Kaya Nutrisi, Ini Dia 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Es Matoa

Resep Es Matoa | Buah asli Papua - YouTube

Mencoba es matoa saat berkunjung ke Pulau Cendrawasih adalah suatu keharusan. Anda tidak akan menemukan minuman berenergi dan lezat ini di kota lain. Sesuai dengan namanya, es matoa ini menggunakan buah matoa yang merupakan buah khas dari papua dan membangkitkan rasa. Matoa sangat cocok untuk menemani harimu yang panas.

Selain diisi dengan buah matoa, minuman ini juga mengandung buah aren, jeli iris, dan beberapa macam buah-buahan. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda dapat dengan mudah menemukannya di hampir setiap kafe atau restoran di kota ini. Harga segelas es matoa juga cukup murah.

Es Kelapa Muda Asam Manis

Es Kelapa Muda Asam Manis | Tastemade

Anda pasti tidak ingin melewatkan minuman tradisional sehat dari Papua dan Papua Barat berikutnya, es kelapa muda asam manis. Es kelapa muda Papua ini memiliki tambahan yang membuatnya berbeda dari es kelapa pada umumnya. Minuman ini memiliki tambahan jus lemon.

Itu sebabnya, selain manis, Anda juga bisa merasakan sensasi asam sekaligus menyegarkan. Saat berkunjung ke Papua, Anda dapat dengan mudah melihat penduduk setempat menjual minuman ini di pinggir jalan dan di banyak warung makan. Minuman ini tidak hanya enak tapi juga menyehatkan. Air kelapa muda mengandung elektrolit yang tinggi, potasium, dan sodium yang rendah.

Baca Juga  Pilihan Haircut untuk Pemilik Bentuk Wajah Hati

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest