HeadlinesFounder IUP Samuel Tabuni Melakukan MoU dengan Ariel University of Israel

Founder IUP Samuel Tabuni Melakukan MoU dengan Ariel University of Israel

Must read

Jayapura, Mambruks.Com – Founder International University of Papua (IUP) Samuel Tabuni disambut hangat oleh sejumlah petinggi Universitas Ariel yang dipimpin Kepala International Affairs Universitas Ariel Israel, Prof. Ronen A. Cohen didampingi Prof. Bobby Brown selaku Senior Vice President Office for Resource Development & External Relations, beserta sejumlah pejabat Universitas Ariel, bertempat di International Office Ariel University Israel, Rabu (19/10).

Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini, tidak hanya melahirkan sejumlah gagasan berkaitan dengan rencana kerja sama antara kedua universitas melainkan sampai pada tahap penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang menjadi pengikat komitmen berasama kedua institusi ini.

Diketahui rencana kerja sama antara IUP & Ariel University of Israel ini meliputi bidang pendidikan, kebudayaan, penelitian, termasuk pertukaran mahasiswa maupun pengajar yang rencananya akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Samuel Tabuni yang juga saat ini tengah mengikuti proses persiapan studi S3 di Israel mengungkapkan bahwa, kerja sama ini tentu bagian dari usahanya untuk membangun jejaring kerja sama seluas-luasnya baik di dalam maupun di luar negeri, guna memperkuat IUP sebagai universitas internasional pertama di Tanah Papua dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) Papua secara khusus dan Indonesia pada umumnya.

“Selain Ariel University of Israel kami (pimpinan IUP, pengurus Yayasan Maga Edukasi Papua) juga tengah menjejaki kerjasama dengan sejumlah universitas terbaik yang berada di Israel, termasuk Hebrew University of Jerusalem Israel tempat di mana saya menyelesaiakan Master studi saya dalam bidang sistem pendidikan Yahudi,” kata Samuel.

Sebelumnya kerja sama dengan institusi pendidikan tinggi di luar negeri juga telah dijajaki Samuel selaku pemerhati pendidikan di Tanah Papua, seperti sejumlah univeritas yang berada di Amerika, maupun juga di Rusia.

Baca Juga  Promo JSM Superindo 17 - 19 Februari 2023

“Amerika dan Rusia sejak tahun 2019 telah menjadi mitra kami melalui kerjasama dengan Papua Language Institute (PLI),” beber pria kelahiran Nduga ini.

Profil Ariel University yang berada di Samaria Israel ini adalah salah satu universitas negeri terbaik di Israel. Berdiri pada tahun 1982, kala itu Universitas Ariel masih berstatus sebagai salah satu perguruan tinggi nasional di Israel cabang regional Universitas Bar-Ilan.

Pada tahun ajaran 2004-2005 afiliasi dengan Universitas Bar-Ilan berakhir dan menjadi perguruan tinggi mandiri. Baru pada tanggal 17 Juli 2012, Dewan Pendidikan Tinggi di Yudea dan Samaria memilih untuk memberikan status universitas penuh kepada institusi tersebut.

Langkah ini dipuji oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Menteri Pendidikan Gideon Saar, Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman dan beberapa anggota Knesset, serta peraih Nobel Ekonomi Robert Aumann.

Anda dapat membaca berbagai berita-berita teraktual kami di platform Google News.

More articles

1 KOMENTAR

  1. Kemajuan / tantangan tanah Papua untuk menghadapi tantangan global yang extrim. OAP harus memikirkan gimana caranya kita siapkan SDM yang berkualitas untuk mengelola SDA dan SDM menjadi tenaga handal…!!!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest